Es Meleleh Picu Banjir di Kanada, 15.000 Warga Dievakuasi

Hingga 15.000 penduduk diperintahkan untuk meninggalkan rumah mereka di Fort McMurray, Alberta, Kanada. Setelah gundukan es meleleh menyebabkan sungai meluap, mengirimkan air ke kota itu.

Pejabat di kota Fort McMurray sebelumnya telah memperingatkan kemungkinan banjir selama pencairan es musim semi selama beberapa pekan, lapor Calgary Sun.

Ketakutan mulai merebak pada Minggu 26 April pagi ketika es mulai pecah dan tersumbat di sungai Athabasca dan Clearwater. Es sejak itu telah menciptakan penyumbatan hampir 25 km panjangnya, menghalangi aliran sungai dan meluapkan air ke kota.

Disitat dari UPI, Rabu 29 April 2020, perintah evakuasi dimulai sebagai sukarela pada Minggu tetapi dengan cepat beralih ke wajib ketika tingkat air naik. Pada Senin malam, pusat kota Fort McMurray, Draper, Waterways, dan Taiga Nova Industrial Park tenggelam atau di bawah perintah evakuasi, menurut Calgary Sun.

“Evakuasi sukarela dilakukan untuk Grayling Terrace dan gas dimatikan sebagai tindakan pencegahan. Panas atau air panas tidak akan tersedia untuk tempat tinggal mana pun yang memilih untuk tinggal,” lapor Fort McMurray Today.

“200 orang diselamatkan setelah tidak mengikuti perintah evakuasi. Ketinggian air mencapai separuh tempat tinggal dan, dalam beberapa kasus, hingga atap bangunan,” sebut pemerintah Kota Wood Buffalo.

Pusat Kesehatan Regional Northern Lights dilaporkan tidak berada di bawah ancaman langsung, tetapi terletak satu blok jauhnya dari Walmart di kota, dekat tepi Sungai Clearwater, tempat parkir sepenuhnya terendam.

Jalan tol Highway 63, yang membentang melalui Fort McMurray dan melintasi Sungai Athabasca tetap terbuka. Meskipun lalu lintas lambat di daerah-daerah di mana pengendara telah memarkir mobil mereka untuk menjelajah ke daerah pusat kota yang terhalang dengan berjalan kaki.

Lalu lintas macet di daerah lain kala pengungsi berbaris di kendaraan mereka untuk pendaftaran drive-thru untuk penginapan. Ketika hotel-hotel di kota mulai terisi, beberapa keluarga dikirim ke utara ke kamp-kamp minyak.

Registrasi drive-thru adalah salah satu dari banyak tindakan pencegahan yang diambil di era jarak sosial. Para pejabat memperhitungkan kemungkinan perlu mengungsi dalam kasus banjir atau kebakaran hutan ketika mereka mulai mewaspadai penyebaran covid-19 pada Januari.

Risiko es meleleh dan banjir selalu kembali setiap musim semi ketika sungai yang beku mulai mencair dan pecah ketika suhu mulai tren yang lebih tinggi. Setelah awal yang dingin untuk bulan itu, suhu cepat pulih.

Meskipun ada metode untuk memecah gundukan es, termasuk ekskavator terapung serta bahan peledak, ukuran timbunan es membuat itu tidak efektif. Sebaliknya, pejabat akan menggunakan karung pasir dan pompa untuk mencegah genangan banjir mencapai lebih jauh ke pedalaman, terutama di dekat rumah sakit.

Fort McMurray tidak asing dengan bencana alam. Ada peristiwa banjir di masa lalu, tetapi pada 2016 sebagian besar kota hancur dalam kebakaran. Saat ini tidak ada pemberitahuan kapan penduduk akan dapat kembali ke rumah mereka.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Medcom.id

BAGIKAN BERITA INI
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *