Dua Gol Paling Berkesan yang Pernah Dicetak Kurniawan DY

Kurniawan Dwi Yulianto merupakan salah satu penyerang terbaik yang pernah dimiliki Indonesia. Bersanding bersama Bambang Pamungkas, pemain yang karib disapa Si Kurus tersebut menjadi penyerang lokal berlevel ASEAN dengan ratusan torehan gol sepanjang kariernya.

Tidak kurang dari 200 gol dia cetak selama kariernya mulai sejak tahun 1994 hingga 2013 silam. Sementara di level Timnas Indonesia dia memberikan sumbangsih 31-33 gol selama 10 tahun membela Merah Putih.

Namun, dari ratusan gol yang dicetak Kurniawan Dwi Yulianto, ada satu gol yang tidak pernah terlupakan, yaitu gol saat melawan Malaysia di leg kedua semifinal Piala Tiger 2004.

Masuk sebagai pemain pengganti di menit ke-55, dia berhasil mencetak gol empat menit berselang. Gol tersebut berhasil membuka jalan Indonesia yang saat itu tertinggal agregat 1-3 dari Malaysia.

Tim Merah putih secara heroik berhasil membalikkan keadaan dengan agregat 5-3. “Kalau yang paling berkesan saat gol melawan Malaysia waktu Piala Tiger Cup.

Leg pertama kita ketinggalan 1-2, lalu ketika main di Kuala Lumpur kita juga ketinggalan 1-0 juga,“ kata pria yang kini menjadi pelatih kepala Sabah FA tersebut.

“Waktu itu pelatihnya Peter White dia memanggil saya dan dia bilang Kurniawan kamu harus berbuat sesuatu. Lalu saya masuk dan berhasil mencetak gol dan membalikan keadaan menjadi 4-1,” imbuhnya.

Sementara di level tim Kurniawan Dwi Yulianto memilih momen final Piala Indonesia 2000. Saat itu dia berhasil mencetak dua dari tiga gol kemenangann PSM Makassar atas PKT Bontang.

Gol tersebut berhasil mengangantarkan Juku Eja menjadi juara. “Kalau berkesan hampir semua berkesan buat saya, karena gol menurut saya sebuah klimaks pertandingan.”

“Tapi yang paling berkesan menurut saya saat membela PSM Makassar, karena di final saya berhasil mencetak dua gol dan mengantarkan menjadi juara. Itu jadi momen yang tidak pernah saya lupakan,” pungkasnya.

 

 

Sumber : kompas.com
Gambar : kompas.com

BAGIKAN BERITA INI
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *