Hadapi Pandemi Corona COVID-19, Menlu ASEAN dan AS Sepakat Perkuat Kerja Sama

Total angka kasus Virus Corona COVID-19 yang dikonfirmasi di wilayah ASEAN kini berjumlah 33.295. Mirisnya, Indonesia memiliki angka kematian terbanyak yaitu 635 kasus kematian per 23 April 2020 pukul 11.53 WIB.

Sekretaris Jenderal ASEAN, Lim Jock Hoi melaporkan bahwa sejak awal, ASEAN telah merespons pandemi ini secara komprehensif, dan melakukan kerja sama bilateral maupun kawasan dengan baik.

Dalam menghadapi pandemi Corona COVID-19 seperti saat ini, pemerintah dunia menyadari pentingnya dilakukan kerja sama antar negara.

Atas kesadaran tersebut, para menteri luar negeri di wilayah ASEAN, bersama dengan Menlu AS yakni Mike Pompeo telah mengadakan pertemuan secara virtual dengan pembahasan utama yaitu pentingnya penekanan kerja sama antar kawasan.

Dalam pertemuan tersebut, Sekjen Lim memberi apresiasi terhadap kontribusi AS senilai US$ 35,3 juta untuk kawasan dan menyampaikan harapan kerja sama yang lebih lagi dalam bentuk pertukaran kebijakan, berbagi informasi, bantuan teknis dalam mendeteksi virus, mengadakan pengujian, pengembangan metodologi prevensi dan perawatan serta tentunya riset untuk vaksin dan obat-obatan.

Selain itu, bentuk kerja sama lain yang diharapkan adalah adanya pelatihan untuk para pekerja kesehatan dan program magang bagi para peneliti asal ASEAC di US CDC (Centers for Disease Control and Prevention).

 

 

 

 

 

Sumber : .liputan6.com
Gambar : Liputan6.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *