Partai Penguasa Korsel Menang Pemilu di Tengah Pandemi Corona COVID-19

Partai yang kini tengah berkuasa di Korea Selatan kembali meraup kemenangan besar dalam pemilihan umum yang selenggarakan pada Rabu kemarin.

Hasil parsial menunjukkan kemenangan yang dinilai menguntungkan arah kebijakan Presiden Korsel Moon Jae-in. Kemenangan partai penguasa ini terjadi di tengah pandemi Corona COVID-19.

Democratic Party of Korea berhasil merebut 163 kursi dari 300 anggota Majelis Nasional, hasil ini menunjukkan mayoritas menang mutlak, demikian dikutip dari laman Channel News Asia, Kamis (16/4/2020).

Tingkat partisipasi adalah 66,2 persen, lebih tinggi dari pemilihan parlemen yang diadakan di Selatan sejak 1992. Padahal, pemilu diselenggarakan di tengah pandemi Corona COVID-19.

Hanya beberapa bulan lalu skandal penyalahgunaan kekuasaan dan pertumbuhan ekonomi yang lamban mengancam presiden Moon dari kelompok berhaluan kiri.

Para kritikus menyebut pendekatan Korsel terhadap Korea Utara tidak realistis. Namun penanganan epidemi yang relatif cepat dan efektif juga dinilai sebagai prestasi Moon Jae-in.

Korea Selatan pun turut mengekspor alat uji ke setidaknya 20 negara yang sangat membutuhkan bantuan alat tersebut, salah satunya Amerika Serikat.

Korea Selatan adalah negara pertama yang mengadakan pemilihan umum di tengah pandemi global COVID-19.

Pemungutan suara parlemen dimulai hari ini sejak pada Rabu kemarin pukul enam pagi, dengan 43,9 juta pemilih memenuhi syarat untuk memberikan suara mereka.

Pemeriksaan suhu pada pemilih, bilik suara yang terpisah untuk mereka yang demam, tempat pemungutan suara khusus untuk yang dikarantina adalah serba serbi pemilihan umum di Korea Selatan di tengah pandemi Corona COVID-19.

Semua warga negara harus mengenakan masker pelindung dan menjalani pemeriksaan suhu di tempat pemungutan suara.

Mereka yang ditemukan mengalami demam akan memberikan suara mereka di bilik terpisah.

 

 

 

 

Sumber : liputan6.com
Gambar : Gatra.com

 

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *