Rahmad Darmawan Minta Pemain Muda Madura United Belajar dari Seniornya

Pelatih Madura United, Rahmad Darmawan, meminta para pemain muda klub berjuluk Laskar Sape Kerab untuk belajar dari seniornya. Hal tersebut ia lakukan untuk meningkatkan kemampuan dan mental kompetitif para penggawa muda yang berada di skuad Madura United.

Pria yang akrab disapa coach RD itu meyakini bahwa pemain senior mampu membawa motivasi tersendiri bagi pemain muda. Dengan demikian, mereka akan terpacu untuk tampil kompetitif dan selalu menunjukkan perkembangan.

“Semua masih dalam situasi yang normal, yang paling penting adalah mereka prospektif dan terus bisa membangun semangat serta belajar dari seniornya,” ucap coach RD, dikutip dari laman Liga Indonesia.

Dalam mengarungi Shopee Liga 1 2020, coach RD telah mengorbitkan tujuh pemain muda ke tim utama. Di antaranya ialah Samuel Christianson, Syahrian Abimanyu, Kadek Raditya, Moch Kevy Syahertian, Dimas Bagus Pengestu, Dodi Alexvan Djin, dan penjaga gawang Fawaid Ansory.

Namun, dari ketujuh nama di atas, hanya dua yang baru diberikan kesempatan tampil di Liga 1 2020, Syahrian Abimanyu dan Moch Kevy Syahertian. Syahrian Abimanyu mendapat kesempatan tiga kali tampil menjadi starter dengan dua di antaranya bermain penuh.

Adapun Moch Kevy Syahertian hanya mendapatkan kesempatan tampil empat menit saat pertandingan kedua melawan Persiraja Banda Aceh.

Terkait kesempatan para pemain muda di tim Madura United, RD mengatakan bahwa setiap pemain memiliki kewajiban yang sama, yakni menunjukkan kemampuan terbaik dalam setiap kesempatan.

“Pemain muda Madura United terus mengikuti proses berkompetisi dalam tim yang selalu terjadi dimulai dari latihan, uji coba, lalu memberi kesempatan bermain bagi mereka,” ujarnya.

Selain itu, dia juga membeberkan bahwa setiap pemain memiliki kemampuan berdaptasi yang beragam. Ada yang cepat, dan juga ada yang lambat. “Ada yang cepat beradaptasi, namun ada yang sedikit lambat untuk itu,” kata mantan juru taktik Tira Persikabo.

Penangguhan kompetisi Liga 1 2020 saat ini membuat Rahmad Darmawan menaruh perhatian lebih terhadap pemain-pemain muda. Dia berupaya terus menjaga komunikasi untuk menjaga mental pemainnya tetap bagus selama pembekuan kompetisi ini.

“Situasi sulit pastinya, ini pasti pengalaman pertama bagi semua. Sudah kompetisi dibekukan, juga tidak bisa latihan bersama-sama ,” tutur coach RD.

 

 

 

Sumber : kompas.com
Gambar : kompas.com

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *