Emas Dunia Naik Tipis, Risalah Pertemuan Fed Ditunggu

Harga emas bertahan relatif stabil pada akhir perdagangan Rabu waktu setempat (Kamis WIB). Kondisi itu terjadi ketika investor menunggu rilis risalah dari pertemuan kebijakan Federal Reserve AS yang diharapkan memberikan petunjuk lebih lanjut tentang langkah-langkah stimulus di tengah peningkatan cepat kasus virus korona

Mengutip Antara, Kamis, 9 April 2020, kontrak emas paling aktif untuk pengiriman Juni di Bursa Comex naik tipis USD0,6 atau 0,04 persen menjadi USD1.684,3 per ons. Sedangkan emas berjangka turun USD10,2 atau 0,6 persen menjadi USD1.683,7 per ons sehari sebelumnya.

Emas berjangka naik karena para pedagang masih fokus pada covid-19 dan berita ekonomi terkait virus mendorong permintaan safe haven menjelang rilis risalah pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) beberapa menit setelah penutupan pasar.

Pada Senin, 6 April emas berjangka melonjak sebanyak USD48,2 atau 2,93 persen menjadi USD1.693,9, memperpanjang keuntungan akhir pekan lalu.

“Ketika negara-negara dan pemerintah federal merangsang ekonomi mereka dengan mengguyur uang, program-program stimulus -ini adalah mesin cetak persediaan uang, yang secara umum adalah lingkungan sangat menguntungkan bagi emas,” kata Direktur Perdagangan Logam High Ridge Futures David Meger.

Saham-saham Wall Street naik di tengah harapan wabah virus korona di Amerika Serikat mendekati puncaknya dan ekspektasi bahwa Kongres akan mendorong lebih banyak bantuan untuk ekonomi yang terpukul. Fokus sekarang bergeser ke risalah pertemuan terbaru The Fed pada pukul 18.00 GMT.

“Tentu, kita semua akan sangat tertarik melihat di mana The Fed berada di jalur suku bunga mereka. (Tapi) saya pikir kita lebih fokus pada rencana stimulus fiskal dibandingkan dengan rencana stimulus moneter,” kata Meger.

Pandemi telah menginfeksi lebih dari 1,38 juta orang di seluruh dunia dan 81.451 telah meninggal. Presiden AS Donald Trump mengatakan bahwa Amerika mungkin mencapai puncak kurva wabah virus korona dan menegaskan bahwa dia ingin mendapatkan ekonomi AS segera dibuka kembali.

Logam mulia lainnya, perak untuk pengiriman Mei turun sebanyak 27,5 sen atau 1,78 persen menjadi USD15,205 per ons. Sedangkan platinum untuk pengiriman Juli turun sebanyak USD11,4 atau 1,53 persen menjadi USD733,6 per ons.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Tirto.ID

 

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *