Corona, LPS Sebut Kepercayaan Masyarakat ke Bank Tinggi

Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) menyatakan kepercayaan masyarakat terhadap perbankan masih tinggi meski penyebaran virus corona semakin masif di dalam negeri. Hal itu terbukti dari jumlah dana pihak ketiga (DPK) yang masih tumbuh hingga akhir Maret 2020.

“Pertumbuhan DPK per Maret masih tumbuh. Ini masih normal, masih jalan terus,” ucap Ketua Dewan Komisioner LPS Halim Alamsyah dalam video conference, Senin (6/4).

Halim menjabarkan total DPK per akhir Maret 2020 sebesar Rp6.195 triliun. Angkanya naik sekitar 3,68 persen dibandingkan dengan posisi akhir Desember 2019 yang sebesar Rp5.975 triliun.

Ia memaparkan DPK itu terdiri dari simpanan berdenominasi rupiah sebesar Rp5.228 triliun dan berdenominasi dolar Amerika Serikar (AS) serta valas asing lainnya sebesar Rp967 triliun.

Sementara, Halim menyatakan suku bunga simpanan yang ditawarkan bank terus menurun sesuai dengan keputusan Bank Indonesia (BI) yang memangkas bunga acuannya. Diketahui, BI sendiri telah menurunkan bunga acuannya sebanyak dua kali menjadi 4,5 persen pada tahun ini.

“Suku bunga simpanan masih berpotensi untuk turun sejalan dengan langkah BI,” imbuh Halim.

Sebelumnya, Gubernur BI Perry Warjiyo menyatakan penurunan suku bunga acuan dilakukan karena ekonomi semakin tertekan akibat penyebaran virus corona. Kondisi ini menyebabkan ketidakpastian pada kinerja pasar keuangan dan menurunkan prospek perekonomian dunia.

“Rapat Dewan Gubernur BI pada 18-19 Maret 2020 memutuskan untuk menurunkan BI 7DRRR sebesar 25 basis poin ke posisi 4,5 persen,” ucap Perry.

 

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

 

 

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *