Korban Corona Bertambah, Begini Arah IHSG

Bursa saham domestik diperkirakan masih akan melanjutkan tren pelemahan pada perdagangan menjelang akhir pekan ini.

Tekanan di pasar keuangan tanah air semakin kuat pasca diumumkannya jumlah pasien terifeksi positif pandemi Corona terus bertambah menjadi 308 orang dan 25 orang meninggal dunia.

Kamis kemarin, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) terkapar di zona merah setelah ditutup melemah 5,2% ke posisi 4.105,42 poin pada perdagangan Kamis kemarin (19/3/2020).

PT Valbury Sekuritas mencatat, wabah virus Corona membuat pemerintah di sejumlah negara menerapkan kebijakan agar bisa sekecil mungkin dampak penyakit ini bagi masyarakat dan pengaruh bagi perekonomian, salah satunya melalui kebijakan karantina wilayah (lockdown).

Namun, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, dari sisi anggaran siap mendukung berbagai kemungkinan termasuk lockdown. Kementrian Keuangan tengah berkoordinasi dengan BNPB dalam mempersiapkan berbagai skenario penanganan virus Corona ini.

Katalis positif lainnya, bersumber dari kebijakan Bank Indonesia yang menurunkan suku bunga acuan 7-Day Repo Rate sebanyak 25 bps menjadi 4,5%. Meski suku bunga acuan diturunkan, lanjut Valbury, kepanikan pasar masih belum mereda.

“Tekanan IHSG berpotensi terjadi kembali hari ini di tengah bayang ancaman pelemahan rupiah dan tetap dihadapi ketidakpastian pasar global akibat virus Corona,” tulis Valbury, dalam riset harian, Jumat (20/3/2020).

Dengan demikian, IHSG diperkirakan akan melaju pada rentang support 4.023/3.940/3.787 dan resistance 4.259/4.412/4.495.

Sementara itu, Indosurya Sekuritas memprediksi, IHSG masih berada dalam tekanan yang belum akan berakhir dalam waktu dekat.

Investor dapat memanfaatkan momentum koreksi wajar masih bisa dijadikan peluang mengingat dalam jangka panjang IHSG masih berada dalam pola uptrend. “Hari ini IHSG berpotensi melemah pada rentang 3.891 – 4222,” tulis Indosurya Sekuritas.

 

 

 

 

Sumber : cnbcindonesia.com
Gambar : Bisnis.com

 

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *