Pete Buttigieg Mundur dari Pencalonan Pilpres AS

Pete Buttigieg, pria gay pertama yang menjadi kandidat calon presiden dari partai besar di Amerika Serikat (AS), mundur dari pencalonan Pemilihan Umum Presiden AS 2020. Ia memutuskan berhenti dari nominasi Partai Demokrat usai meraih hasil buruk di pemilu pendahuluan (primary) South Carolina.

Kalah jauh dari mantan wapres Joe Biden, Buttigieg hanya mampu meraih 8,2 persen suara di South Carolina.

“Tujuan kita sejak awal adalah membantu menyatukan warga Amerika untuk mengalahkan (Presiden AS) Donald Trump,” ucap Buttigieg kepada para pendukungnya, dilansir dari AFP, Senin 2 Maret 2020.

“Kita harus menyadari bahwa pada titik ini, cara terbaik untuk tetap berpegang teguh pada tujuan adalah bergerak menepi dan membantu menyatukan partai dengan negara kita,” sambung dia.

“Jadi, saya harus mengambil keputusan sulit ini, yakni menghentikan kampanye pencalonan presiden,” ungkap mantan wali kota South Bend, Indiana, itu.

Dalam pemilu pendahuluan di South Carolina, Biden menang telak dengan raihan 48,4 persen suara. Kemenangan ini meningkatkan kembali harapannya untuk menjadi capres dari Demokrat, setelah kalah di beberapa pemilihan terdahulu.

Kemenangan ini juga menjadi yang pertama bagi Biden, yang berpotensi memberikannya momentum menjelang ajang “Super Tuesday” pekan mendatang. Dalam ajang tersebut, 14 negara bagian akan menggelar pemilu pendahuluan.

Senator Bernie Sanders asal Vermont berada di urutan kedua dengan 20 persen, yang diikuti aktivis miliarder Tom Steyer di kisaran 11 persen dan Elizabeth Warren 7 persen.

Pilpres AS 2020 dijadwalkan berlangsung November mendatang. Berbeda dengan Demokrat yang masih kesulitan menentukan calon, Partai Republik sudah hampir pasti mencalonkan kembali Trump.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Media Indonesia

 

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *