Gempa Bumi Magnitudo 5,7 Guncang Filipina

Gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,7 mengguncang Filipina bagian pusat pada Senin 2 Maret 2020. Menurut keterangan Institut Seismologi dan Vulkanologi Filipina (Phivolcs), gempa terjadi sekitar pukul 05.19 pagi waktu setempat.

Dilansir dari Xinhua, Phivolcs menyebut kedalaman gempa mencapai 13 kilometer dan berlokasi sekitar 8 km dari Capoocan, sebuah kota di provinsi Leyte.

Direktur Phivolcs Renato Solidum mengatakan, kuatnya guncangan dirasakan di seantero wilayah Visayas, termasuk kota Tacloban dan Ormoc. Getaran juga terasa di kota Pastrana dan Palo di Leyte, dan kota Borongan serta Biliran di provinsi Samar.

Solidum memperingatkan bahwa gempa ini, yang dikategorikan sebagai tektonik, dapat memicu kerusakan bangunan dan juga gempa susulan.

“Kami belum menerima laporan apapun mengenai korban dan kerusakan bangunan,” sebut Solidum dalam sebuah wawancara di radio lokal.

Filipina merupakan salah satu negara yang sering dilanda gempa karena berlokasi di Cincin Api atau “Ring of Fire” — sebutan untuk wilayah yang sering dilanda aktivitas seismik.

Desember lalu, gempa magnitudo 6,9 di mengguncang Mindanao menewaskan sedikitnya empat orang.

Dua bulan sebelumnya, gempa di Mindanao menewaskan sekitar 20 orang. Mindanao merupakan kampung halaman dari Presiden Filipina, Rodrigo Duterte.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Tribunnews.com

 

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *