Brasil Tetapkan Darurat Kesehatan Nasional Terkait Virus Corona

Brasil memutuskan repatriasi warganya dari Wuhan, China, dan akan mendeklarasikan darurat kesehatan nasional terkait wabah virus corona.

Kebijakan ini diambil seiring meningkatnya risiko wabah virus corona baru. “Satu pesawat sewaan akan membawa 40 dari 55 warga Brasil di Wuhan yang meminta dievakuasi dari kota itu,” ungkap Menteri Kesehatan Brasil Luiz Henrique Mandetta, dilansir Reuters.

Wuhan menjadi sumber wabah virus yang telah menyebar ke berbagai negara. Warga Brasil yang dipulangkan akan dikarantina selama 18 hari di pangkalan militer.

Presiden Brasil Jair Bolsonaro pekan lalu menyatakan repatriasi warga Brasil dari Wuhan tidak akan jadi “peluang” karena dapat berisiko bawah warga di negara itu. Namun dia mengubah pendapatnya pada akhir pekan saat warga Brasil di Wuhan mengunggah video meminta Bolsonaro segera memulangkan mereka.

Dalam video selama enam menit yang diunggah di YouTube, warga Brasil itu menyebut negara-negara lain yang mengevakuasi warganya dengan bantuan otoritas China. Mereka meminta Bolsonaro dan Menteri Luar Negeri (Menlu) Brasil Ernesto Araujo untuk menyelamatkan mereka.

Pada Minggu (2/2), Bolsonaro menyatakan pemerintahannya akan mengevakuasi semua warga Brasil dari Wuhan yang ingin kembali pulang. Dia diperkirakan mengeluarkan perintah pada Selasa (4/2) untuk mengizinkan langkah karantina dan mempercepat repatriasi warga Brasil.

Juru bicara Kemlu Brasil menyatakan pemerintah sedang berunding dengan pemerintah China untuk mendapat izin agar pesawat sewaan itu dapat mendarat di Wuhan.

Wuhan telah ditutup sejak 23 Januari untuk mencegah penyebaran wabah virus corona. Maskapai di penjuru dunia juga menghentikan penerbangan ke sejumlah wilayah di China.

 

 

 

 

Sumber : sindonews.com
Gambar : Terbaiknews.net

 

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *