Klopp Tak Beli Pemain Bintang di Liverpool

Mantan pemain Liverpool, Jamie Carragher menyebut Juergen Klopp tidak membeli pemain bintang di Liverpool melainkan menjadikan seorang pemain menjadi bintang.

Klopp berhasil mengangkat Liverpool jadi tim elite di Eropa dan dunia dalam kurun waktu kurang dari lima tahun. Ketika Klopp datang, Liverpool dalam kondisi sulit lantaran tak memiliki kemampuan cukup kuat untuk menahan kepergian pemain-pemain andalan.

Carragher menilai sukses Liverpool bukan lantaran Klopp mengandalkan kekuatan uang untuk membelipemain bintang.

“Robertson datang dari Hull, Wijnaldum baru saja degradasi bersama Newcastle, Salah sudah berada di Chelsea, dan Sadio Mane juga sudah tampil di Liga Inggris. Liverpool tidak menjelma jadi tim terbaik di dunia dan membeli pemain-pemain terbaik.”

“Membeli pemain adalah hal biasa namun yang terpenting adalah hal yang dilakukan terhadap mereka, sesuatu yang terkadang dilupakan. Saat seorang pelatih memiliki pemain, maka ia harus meningkatkan kualitasnya,” ucap Carragher dalam wawancara dengan Sky Sports.

Carragher menganggap Klopp seharusnya mendapatkan pujian lebih serius bila merujuk pada perkembangan kualitas para pemain di tim Liverpool.

“Juergen Klopp kemungkinan tidak mendapat pujian seperti yang seharusnya, pujian terhadap kinerjanya sebagai pelatih [yang meningkatkan kualitas pemain].”

“Liverpool tidak membeli pemain bintang, mereka membuat pemain bintang,” tutur Carragher.

Carragher juga tak menutupi kekaguman terhadap Klopp yang bisa meningkatkan kualitas Liverpool jadi tim elite hanya dalam kurun waktu singkat.

“Liverpool kini jadi tim terbaik untuk ditonton. Mereka selalu menampilkan kualitas yang baik di tiap laga dan selalu berada dalam kondisi terbaik untuk laga tim besar.”

“Kita semua tahu bahwa dia adalah pelatih papan atas namun saya tak berpikir perkembangan tim hingga seperti saat ini hanya dalam beberapa tahun adalah sebuah hal yang mungkin terjadi

Dalam pembelian pemain bintang, Liverpool sendiri tercatat dua kali memecahkan rekor transfer, yaitu untuk posisi kiper atas nama Alisson Becker dan posisi bek atas nama Virgil van Dijk.
Klopp Tak Beli Pemain Bintang di Liverpool
Lihat juga: Jokowi Senang Shin Tae Yong Latih Timnas Indonesia
Namun Alisson dan Van Dijk sendiri baru benar-benar dipandang sebagai pemain papan atas setelah tampil apik bersama Liverpool.

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *