Formula E Rugi Rp1,9 Triliun dalam Empat Tahun

Gelaran Formula E dilaporkan mengalami kerugian hingga mencapai US$140 juta atau setara Rp1,9 triliun dalam empat tahun.

Forbes melansir nilai jual Formula E kini naik hingga mencapai US$870 juta (Rp12 triliun). Namun dalam empat tahun tahun terakhir ini gelaran ajang itu mencapai kerugian hingga US$140 juta.
Ajang Formula E kali pertama digelar pada September 2014. Balap mobil jet darat itu menggunakan energi listrik sehingga sangat kecil menciptakan kebisingan dan emisi.

Dengan teknologi yang berbeda dibandingkan Formula 1, gelaran itu bisa digelar di pusat kota. Setiap penyelenggara lokal pun membayar biaya penyelenggaraan kepada pihak operator, Formula E Operations (FEO).

Berdasarkan laporan anggaran 2017, FEO mendapatkan pemasukan sebesar US33 juta (Rp459 miliar) dari promotor dan tim-tim di Formula E sebagai imbal balik atas servis gelaran.

Mereka juga mendapat pendapatan sebesar US$21,6 juta (Rp300 miliar) dari hak siar termasuk dari Fox Sports. Total pendapatan mereka tahun itu sebesar US$108 juta (Rp1,5 triliun).

Namun, pengeluaran FEO untuk gelaran Formula E mencapai US$132,5 juta (Rp1,8 triliun). Dengan demikian, kerugian mereka mencapai US$23,9 juta (Rp332 miliar) pada 2017.

Pada 2016, Forbes melansir kerugian Formula E mencapai US$40,5 juta (Rp563 milar). Sementara pada gelaran pertama, FEO mengalami kerugian hingga US$67,3 juta (Rp936 miliar).

Pada Juni 2020 ini salah satu seri Formula E bakal digelar di Jakarta. Pemprov DKI Jakarta juga sudah menyampaikan usulan anggaran untuk gelaran Formula E Jakarta sekitar Rp1,3 triliun. Dana sebesar Rp360 miliar untuk biaya komitmen dan Rp934 miliar untuk penyelenggaraan.

Belakangan, rencana gelaran Formula E di Jakarta itu mulai menuai kecaman dari para netizen. Di media sosial twitter misalnya, warganet ramai-ramai menyerang rencana gelaran Formula E di Ibu Kota dengan tagar #shameOnyouFormulaEJakarta.

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : cnnindonesia.com

 

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *