Jokowi Kebut Groundbreaking Ibu Kota Baru di 2020

Pemerintah baru saja mengumumkan pemenang desain sayembara ibu kota baru bertema ‘Nagara Rimba Nusa’. Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menceritaka persiapan penerapan desain tersebut.

Basuki mengatakan, dirinya minggu depan akan membawa para desainer ibu kota negara tersebut ke Kalimantan Timur, untuk sekaligus menentukan di mana ground breaking dilakukan. Pemerintah mempercepat ground breaking pada kuartal IV-2020 dari sebelumnya 2021.

“Minggu depan mungkin saya bawa ke lapangan. Sesuai dengan kondisi lapangan. Baru didetailkan berdasarkan desain. Kan harus ada penyidikan tanah, pengukuran topografinya,” kata Basuki di Jakarta, Rabu (25/12/2019).

Dalam perjalanannya ke Ibu Kota Baru di Kalimantan Timur itu, Basuki juga berharap pihaknya bisa menentukan titik-titik dasar pembangunan, terutama untuk jalan, drainase, bendungan, dan sebagainya.

Sehingga, pada kuartal IV-2019, ground breaking bisa direalisasikan. “Kalau bisa 8 bulan bisa didetailkan desainnya. Sehingga kuartal empat kita mulai dengan ground breaking,” jelas Basuki.

Basuki juga menjelaskan, sampai saat ini pihaknya masih belum bisa memutuskan berapa kisaran anggaran yang dibutuhkan dalam mengimplementasikan desain sayembara ibu kota ‘Nagara Rimba Nusa’ tersebut.

Pasalnya, lanjut Basuki, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memiliki memberikan saran untuk perkembangan desain tersebut.

“Nanti kalau sudah detail desain baru tahu [berapa besaran anggaran yang dibutuhkan]. Karena setelah itu pak presiden ingin ketemu lagi. Untuk bisa diberikan masukkan oleh beliau,” jelas Basuki.

Perihal pembangunan ibu kota, Basuki berencana untuk melakukan tender melalui sayembara. Namun, sayembara hanya akan dilakukan dalam membangun bangunan ikonik seperti DPR, MPR, Dan Mahkamah Agung.

“Kalau bangunan mungkin juga akan sayembara. Misalnya istana yang ikonik itu, istana, DPR, MPR, MA. Kalau sudah ada fix lokasinya di peta, mereka akan menentukan [dimana lokasi yang tepat] Istana mana, DPR-MPR,” jelas dia.

Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akhirnya mengumumkan pemenang sayembara desain ibu kota negara (IKN) baru pada Senin (23/12/2019).

Tim juri memutuskan desain bertema ‘Nagara Rimba Nusantara’ sebagai pemenang sayembara. Desain ini oleh dibuat oleh perusahaan Urban+ yang didirikan oleh Sofian Sibarani. Sedangkan juara ke-2 dan ke-3 yakni masing-masing desain bertema The Infinite City dan Kota Seribu Galur.

 

Sumber : CNBC Indonesia
Gambar : kaltim.procal.co

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *