Majalah Time Pilih Greta Thunberg Jadi Person of the Year

Majalah Time menetapkan aktivis iklim asal Swedia Greta Thunberg sebagai tokoh tahunan atau Person of the Year 2019. Thunberg dikenal vokal mendesak pengambilan langkah menghadapi krisis iklim global.

Gadis 16 tahun itu memulai aksi pada Agustus 2018 dengan bolos sekolah dan berkemah di depan gedung parlemen Swedia, meminta pemerintah setempat mengambil tindakan atas bahaya perubahan iklim. Dari sana, kampanye Thunberg makin membesar menjadi pergerakan global.

“Dalam 16 bulan sejak awal kampanye itu, dia [Thunberg] telah berbicara di hadapan pimpinan-pimpinan pemerintahan di PBB, bertemu dengan Paus, berdebat dengan Presiden Amerika Serikat, dan menginspirasi empat juta orang untuk bergabung dalam aksi jeda untuk iklim (global climate strike) pada 20 September lalu dalam demonstrasi iklim terbesar sepanjang sejarah peradaban manusia,” tulis majalah Time.

“Margaret Atwood membandingkan dia dengan Joan of Arc. Setelah menyadari bahwa kata-kata ‘climate strike’ telah dipakai ratusan kali, para ahli kamus dari Collins Dictionary menyebut ide inovatif Thunberg itu sebagai word of the year,”

Thunberg akan berulang tahun ke-17 pada Januari mendatang. Ia masih gencar berkampanye sampai saat ini, termasuk pada pekan lalu di Madrid.

Setiap tahun, majalah Time menetapkan seseorang, grup, pergerakan atau ide yang mempengaruhi banyak orang dalam jangka waktu 12 bulan. Tahun lalu, adalah grup jurnalis The Guardians yang terpilih setelah tulisan yang diturunkan malah mendatangkan bahaya.

“Kami menggambarkan Person of the Year sebagai orang yang paling mempengaruhi peristiwa dalam setahun, baik atau buruk. Tetapi saya benar-benar serius memikirkannya karena [majalah] Time adalah tentang banyak orang dan ide yang membentuk dnia dan Person of the Year adalah tentang mereka yang membentuk tahun itu,” kata kepala editor Time, Edward Felsenthal.

Serta dalam daftar Person of the Year juga mempertimbangkan Donald Trump, Nancy Pelosi, The Whistleblower dan para pedemo Hong Kong. Sampai saat ini, Greta Thunberg merupakan individu termuda sebagai Person of the Year dari majalah Time.

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNBC.com

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *