Empat Orang Tewas dalam Serangan di Hotel Somalia

Sedikitnya empat orang tewas dan enam lainnya terluka dalam serangan kelompok militan di sebuah hotel di Mogadishu, Somalia, Selasa 10 Desember malam waktu setempat. Laporan awal menyebut sekelompok militan yang mengenakan seragam polisi menyerang Hotel Syl di wilayah ibu kota.

Serangan memicu baku tembak antara militan dan pasukan keamanan. Dua anggota parlemen dan mantan menteri dalam negeri Somalia terluka dalam serangan tersebut.

Kelompok militan al-Shabaab mengklaim bertanggung jawab atas serangan di Hotel Syl.

“Kami mendengar suara tembakan dari arah hotel. Saat tiba di lokasi, lima militan telah menerobos masuk, tapi pasukan keamanan menembaki mereka di dalam hotel,” ujar keterangan seorang sumber, dilansir dari laman Sputnik, Rabu 11 Desember 2019.

“Empat orang terkonfirmasi tewas, sedangkan enam lainnya terluka. Jumlah korban tewas dapat bertambah karena ada begitu banyak orang di dalam hotel, termasuk sejumlah anggota parlemen,” sambung dia.

Wakil Komisioner Kepolisian Somalia Zakia Hussein mengatakan, dua penyerang telah berhasil dibunuh petugas di dalam hotel, sementara beberapa rekannya terus melepaskan tembakan di luar gedung. Sekitar 100 orang telah berhasil dievakuasi dari area hotel.

Somalia dilanda gelombang kekerasan sejak meletusnya perang sipil antar klan bersenjata di awal 1990-an. situasi keamanan semakin rumit usai munculnya al-Shabaab, yang kerap melancarkan serangan di seantero Somalia dalam upaya mereka menegakkan versi ekstrem dari ajaran Islam.

Militer Amerika Serikat bekerja sama dengan otoritas Somalia dalam menghadapi sejumlah grup militan, termasuk al-Shabaab.

September lalu, pasukan AS berhasil membunuh 10 militan al-Shabaab dalam serangkaian serangan udara di Somalia.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Al Jazeera

 

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

 

 

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *