Trump Tiba di London untuk Hadiri KTT NATO

Presiden Amerika Serikat Donald Trump mendarat di London, Inggris, untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi NATO yang akan digelar hari ini, Selasa 3 Desember 2019.

Selama perjalanan, Trump mengklaim dirinya telah berhasil meyakinkan negara-negara Eropa untuk meningkatkan kontribusi mereka terhadap pendanaan pertahanan NATO.

“Sejak saya menjadi presiden, jumlah sekutu NATO yang memenuhi kewajiban mereka telah meningkat lebih dari dua kali lipat,” tulis Trump di Twitter, dikutip dari AFP.

Sejumlah anggota NATO diyakini merespons baik ucapan Trump, yang terlihat puas atas peningkatan kontribusi dana pertahanan NATO. Selama ini Trump kesal karena sebagian besar dana pertahanan NATO berasal dari AS.

KTT NATO digelar 10 hari menjelang pemilihan umum di Inggris. Perdana Menteri Boris Johnson mewaspadai kunjungan Trump kali ini, karena berpotensi dapat mencoreng citra dirinya menjelang pemilu,

Dalam sejumlah survei, PM Johnson diunggulkan menang dan meraih mayoritas dalam pemilu. Namun tokoh oposisi Jeremy Corbyn terus menyerang PM Johnson yang disebutnya memiliki kedekatan dengan Trump.

Secara khusus, Corbyn dan Partai Buruh memperingatkan masyarakat bahwa PM Johnson mungkin akan memberi kemudahan akses kepada sejumlah perusahaan obat AS untuk masuk ke Badan Kesehatan Nasional Inggris. PM Johnson membantah tudingan tersebut.

Pesawat kepresidenan AS, Air Force One, telah mendarat di Bandara Stansted di luar London. Trump beserta istrinya, Melania, kemudian bertolak menuju Winfield House, sebuah kediaman mewah di London pusat.

Trump dijadwalkan melakukan sejumlah pertemuan bilateral dalam KTT NATO yang berlangsung selama dua hari hingga Rabu besok. Ia juga akan menghadiri jamuan makan malam bersama Ratu Elizabeth di Istana Buckingham.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Medcom.id

 

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

 

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *