Rachel Amanda Jadi Delegasi Indonesia di Kenya

Aktris Rachel Amanda menjadi delegasi Indonesia saat menghadiri International Conference on Population and Development yang diselenggarakan di Kenya, Afrika Timur. Di sana Rachel menyuarakan soal isu populasi manusia, seksual, ibu hamil, dan reproduksi.

“Aku salah satu delegasi Indonesia yang datang ke sana. Karena aku jadi volunteer di UNFPA Indonesia salah satu badan PBB, aku berada seminggu di sana,” tutur Rachel di Epicentrum XXI, Rabu, 20 November 2019.

Rachel menjelaskan ia menjadi relawan di United Nations Fund for Population Activities (UNFPA). Ia baru saja bergabung di organisasi tersebut sejak bulan Mei tahun ini. Ia sedang menjalani program yang akan berjalan selama dua tahun ke depan.

Bergabungnya Rachel hingga menjadi delegasi Indonesia, awalnya diajak oleh temannya yang merupakan staf di PBB. Rachel mengaku tertarik dengan isu perempuan dan program organisasi tersebut sejalan dengan pemikirannya.

Rachel mulai tertarik dengan permasalahan perempuan sejak 2015 lalu. Kala itu ia ikut serta dalam pembuatan film pendek dengan Komnas Perempuan. Bersamaan dengan itu, kawannya juga mengajak Rachel menjadi bagian dari organisasi besutan PBB tersebut.

Ia menjadi relawan untuk Youth Advisory Panel atau YAP dari United Nations Fund for Population Activities (UNFPA). Perempuan 24 tahun itu awalnya diajak oleh teman alumnus YAP.

Rachel Amanda bersama belasan anak muda dari seluruh Indonesia bergabung dengan YAP selama dua tahun. Dia bertugas berbagi ilmu seputar pendidikan seks, kesetaraan gender, dan lainnya. “Kampanye itu berkaitan dengan apa yang aku kerjain dalam film sebelumnya (film Dua Garis Biru Rachel),” ucap dia.

Kendati harus membagi tugas menjadi relawan dan tetap bekerja di industri hiburan, Rachel Amanda mengaku tidak kesulitan membagi waktu. Musababnya, menurut dia, agenda tugas di YAP cukup fleksibel sehingga bisa disesuaikan dengan jadwal kerjanya.

 

 

Sumber : tempo.co
Gambar : Grid.ID

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *