“Bumi Manusia” Mendominasi FFI 2019, “Kucumbu Tubuh Indahku” Membayangi

Festival Film Indonesia (FFI) 2019 resmi mengumumkan 21 nominasi yang akan memperebutkan Piala Citra pada 12 Desember mendatang. Pengumuman nominasi itu dibacakan oleh sejumlah artis di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, pada Selasa (12/11/2019) malam. Menariknya, dalam 21 nominasi tersebut, terdapat tiga film yang masuk banyak nominasi dalam pergelaran FFI 2019, yakni Dua Garis Biru, Bumi Manusia, dan Kucumbu Tubuh Indahku.

Bumi Manusia karya Hanung Bramantyo sukses masuk 12 nominasi. Sayangnya, Iqbaal Ramadhan yang memerankan Minke dalam film yang diangkat dari novel Pramoedya Ananta Toer ini gagal masuk nominasi Pemeran Utama Pria Terbaik. Padahal, pemeran Nyai Ontosoroh, Sha Ine Febriyanti, masuk nominasi Pemeran Utama Wanita Terbaik. Membayangi Bumi Manusia, Kucumbu Tubuh Indahku masuk 11 nominasi. Namun, untuk kategori Pemeran Pendukung Pria Terbaik, film ini menaruh dua wakilnya, yakni Randy Pangalila dan Whani Dharmawan.

Meskipun sempat menuai kontroversi, film besutan Garin Nugroho ini masuk nominasi Film Cerita Panjang Terbaik dan Sutradara Terbaik. Tak mau kalah, Dua Garis Biru mampu berbicara di ajang FFI 2019. Film besutan Ginantri S Noer ini masuk 11 nominasi.

Bahkan, berkat aktingnya dalam film ini, Adhisty Zara masuk nominasi Pemeran Utama Wanita Terbaik dan akan bersaing dengan para seniornya, sebut saja Nirina Zubir dan Raihaanun. Selain itu, Dua Garis Biru juga mengantarkan Angga Yunanda masuk nominasi Pemeran Utama Pria Terbaik.

 

 

 

Sumber : kompas.com
Gambar : Kompas.com

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *