44 Ribu Warga Pakistan Terjangkit DBD, 66 Tewas

Sebanyak 44 ribu orang dikonfirmasi mengidap demam berdarah dengue atau DBD. Wabah DBD kini sedang meningkat di Pakistan mengingat suhu dan curah hujan yang tidak menentu.

“Angka ini melampaui rekor sebelumnya yaitu 27 orang pada 2011. Tetapi tahun ini ada 66 orang yang meninggal karena DBD. Pada 2011 ad 370 orang,” kata pejabat Institut Kesehatan Nasional India Rana Safdar, dikutip dari AFP, Kamis 7 November 2019.

Safdar mengatakan, perubahan iklim menjadi penyebab meluasnya penyakit DBD. Namun, pemerintah terus bekerja untuk mengatasi wabah ini.

Dokter di sebuah rumah sakit yang menampung banyak pasien mengatakan, pemerintah gagal mengambil tindakan pencegahan seperti menutupi tempat penampungan air atau menyemprotkan bahan kimia anti-DBD.

“Mereka mengatasi ketika ratusan orang sudah terinfeksi dan itu terlambat,” ungkap dokter tersebut.

Jumlah pasien tertinggi tercatat di ibu kota Islamabad dan kota Rawalpindi, di mana 12.433 orang ditemukan terjangkit DBD dengan 22 kasus kematian.

Sementara, Provinsi Sindh memiliki 10.142 orang yang terjangkit dan 26 kasus kematian. Di Punjab, ada 9.260 orang yang terjangkit DBD.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Medcom.id

 

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

 

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *