Soal Kabareskrim Baru, Polri Sebut Beberapa Hari Lagi Ditunjuk

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Muhammad Iqbal mengatakan bahwa penunjukan Kepala Badan Reserse Kriminal ( Kabareskrim) Polri akan dilakukan dalam beberapa hari ke depan.

“Beberapa hari lagi, Insya Allah. Ini menjadi prioritas beliau ( Kapolri Jenderal Pol Idham Azis),” ucap Iqbal di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (5/11/2019). Seperti diketahui, posisi Kabareskrim sebelumnya diisi oleh Idham Azis.

Namun, Idham kemudian ditunjuk menjadi Kapolri. Idham Azis menggantikan Jenderal Pol (Purn) Tito Karnavian yang ditunjuk sebagai Menteri Dalam Negeri.

Iqbal mengatakan bahwa penentuan posisi Kabareskrim merupakan hak prerogatif Kapolri. Namun, mekanismenya juga harus melalui Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti) Mabes Polri. Ketika ditanya siapa yang menjadi kandidat untuk menduduki posisi tersebut, Iqbal enggan menjawab.

Ia hanya memastikan bahwa Kapolri akan memilih perwira polisi yang berintegritas dan punya kemampuan. “Yang jelas semua pati yang berpangkat bintang 2 dan 3 berpeluang,” kata Iqbal.

“Tetapi jelas Bapak Kapolri akan menunjuk seorang pati yang berintegritas, mempunyai track record, rekam jejak yang baik, karena jabatan Kabareskrim adalah jabatan yang penting di Polri,” ujarnya.

Sebelumnya, Idham menuturkan bahwa ia akan segera menunjuk Kabareskrim Polri yang baru usai dilantik Presiden Joko Widodo, Jumat hari ini. Menurut dia, langkah itu perlu dilakukan agar dapat mempercepat pengungkapan kasus penyerangan terhadap penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan.

“Saya akan menunjuk Kabareskrim yang baru untuk segera mempercepat pengungkapan kasus Novel Baswedan,” kata Idham usai ditetapkan sebagai Kapolri dalam rapat paripurna di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (31/10/2019).

 

 

 

Sumber : kompas.com
Gambar : Inilah Mojokerto

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

 

BAGIKAN BERITA INI
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *