Partai Petahana Menang dalam Pemilu Portugal

Partai sosialis milik Perdana Menteri petahana Antonio Costa berjaya dalam pemilihan umum legislatif Portugal pada Minggu 6 Oktober. Tingkat partisipasi warga Portugal dalam pemilu kali ini relatif rendah.

Berdasarkan hasil penghitungan suara versi Kementerian Dalam Negeri Portugal, Partai Sosialis (PS) meraih 36,65 persen suara. Sementara Sosial Demokrat (PSD) berada di urutan kedua dengan raihan 27,9 persen suara.

Kemenangan dalam pemilu membuat PS meraih 106 dari total 230 kursi di parlemen Portugal. Dalam empat tahun terakhir, PS yang berkoalisi dengan dua partai kecil hanya menduduki 86 kursi.

Hasil pemilu di Portugal memperlihatkan tren menurunnya dukungan terhadap partai berhaluan tengah-kiri dan melonjaknya popularitas populis di sejumlah negara Eropa.

Partai terbaru berhaluan sayap kanan, Chega! atau “Sudah Cukup!”, berhasil masuk ke parlemen untuk kali pertama meski hanya meraih satu kursi.

Tingkat partisipasi warga dalam pemilu Portugal hanya 54,5 persen. Angka tersebut merupakan yang terendah dalam pemilu Portugal sejak negara tersebut kembali ke sistem demokrasi.

Hingga saat ini PM Costa, seorang mantan wali kota Lisbon, belum memberikan sinyal koalisi kepada partai apapun.

Setelah pemilu terakhir di Portugal pada 2015, PS yang meraih urutan kedua berhasil meyakinkan kubu Komunis dan Blok Kiri untuk mendukung pemerintahan sosialis.

Aliansi saat itu dijuluki geringonca, atau “koalisi yang aneh.”

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Medcom.id

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *