Polri Temukan Kreator dan Buzer Pemicu Rusuh Papua Dari Luar Negeri

Mabes Polri temukan sejumlah buzer dan kreator pencipta berita hoak berada di luar negeri. Saat ini Polri terus memantau mereka.

“Sudah kita pantau khususnya yang ada di Indonesia, kreator sudah kita dalami, buzer-buzernya. Sampai saat ini konten-konten hoax ada 52 ribu, kita bekerja sama dengan Kemenkominfo, Badan Siber untuk melakukan breakdown ke akun-akun tersebut,” ujar Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo saat ditemui di Istana Negara, Jakarta, Senin (2/9/2019).

Saat ditanya siapa kreator dan buzer yang dimaksud, Dedi belum mau mengungkap oknum pelaku penyebar hoax di media sosial yang memicu rusuh di Papua. Dia pun menyebut Polri belum bisa menindak para pelaku yang berada di luar negeri.

“Polri bekerja sesuai fakta hukum, dan kita belum bisa melakukan tindakan hukum terhadap oknum-oknum yang berada di luar negeri, karena locus, tempus, dan perbuatan melawan hukum di sana,” tegasnya.

Saat ini, lanjutnya, Kondisi di Papua sudah kondusif dengan hadirnya aparat TNI-Polri. Sejumlah fasilitas umum dan toko-toko sudah kembali beraktivitas.

Polri bersama TNI, lanjutnya, bekerja sama juga dengan pemerintahan daerah, tokoh masyarakat, tokoh agama serta toko pemuda mengedukasi masyarakat setempat untuk tidak terprovokasi oleh isu-isu berita yang sifatnya provokasi.

 

 

 

 

Sumber : poskotanews.com
Gambar : Indopolitika.com

 

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *