Dihantam Badai Dorian dengan Kecepatan 285 Km/Jam, Bahama Berantakan

Badai terkuat menghantam Kepulauan Karibia di Bahama. Badai yang disebut Dorian itu merusak atap bangunan dan menyebabkan banjir besar. Dorian adalah badai kategori 5 yang bertiup dengan kecepatan 285 km/jam. Sejumlah fasilitas umum termasuk layanan transportasi darat, laut, dan udara ditangguhkan sampai kondisi kembali normal.

Badai sepanjang 7 meter ini juga diprediksi akan terjadi di beberapa tempat. Badai bergerak perlahan ke barat dan diperkirakan menghantam daerah-daerah pesisir timur Amerika Serikat.

Beberapa negara bagian yang mengumumkan status darurat adalah Florida, Georgia, Utara, dan Carolina Selatan.

Penduduk Bahama memposting rekaman yang menunjukkan air banjir melanda beberapa rumah setelah angin kencang menghancurkan atap rumah mereka. Video-video juga menunjukkan kapal-kapal terbalik mengambang di genangan air yang penuh dengan puing.

Dorian diperkirakan akan terus bergerak ke Pulau Grand Bahama sampai hari Senin. Badai monster itu akan bergerak lebih dekat ke pantai timur Florida pada Senin malam dan sampai Selasa malam waktu setempat.

Direktur Pusat Badai Nasional AS (NHC) Ken Graham mengatakan Bahama akan dilanda badai besar selama 10 jam atau lebih.

Berdasarkan skala Saffir-Simpson, kategori badai berkisar antara 1-5. Badai cenderung semakin kuat ketika mereka bergerak di atas perairan hangat seperti yang ada di lepas pantai Florida. Ukuran badai Dorian juga telah menjadi lebih besar dengan angin kekuatan badai saat ini memanjang 45 mil (75 km) dari pusat badai.

 

 

 

 

 

Sumber : akurat.co
Gambar : Medcom.id

 

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

 

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *