Bakal Diterjang Badai Dorian, Georgia Berlakukan Keadaan Darurat

Negara bagian Amerika Serikat (AS), Georgia, memberlakukan keadaan darurat untuk 12 wilayahnya yang ada di pesisir menyusul perkembangan terbaru dari jalur yang diproyeksikan bakal dilalui oleh badai dahsyat Dorian.

“Untuk memastikan pasokan produk minyak bumi, pasokan darurat, dan makanan yang tidak terputus, saya telah mengeluarkan Perintah Eksekutif untuk sementara menangguhkan peraturan dan regulasi federal yang jika tidak akan membatasi jam yang mungkin dikendarai oleh operator kendaraan komersial. (1/2) #gapol,” kata Gubernur Georgia Brian Kemp di akun Twitternya.

Tindakan itu, disampaikan sebagai perintah eksekutif, membebaskan sumber daya negara untuk persiapan darurat menghadapi badai dan melarang eksploitasi harga barang dan jasa seperti makanan dan bahan bakar.

Hanya sehari sebelumnya, Gubernur Florida Ron DeSantis menyatakan keadaan darurat untuk sebagian negara bagian tersebut, mengikuti jalur baru untuk badai Dorian setelah melewati Puerto Riko. Ia memperpanjang deklarasi itu pada hari Kamis untuk memasukkan semua negara bagian di negara bagian itu, begitu tersiar kabar bahwa Dorian bisa menjadi badai Kategori 4 yang sangat berbahaya, dengan angin lebih dari 100 mil per jam.

Saat ini menghantam Turks & Caicos, badai Dorian diprediksi akan bergerak ke utara dan kemudian menuju ke barat, melewati Bahama dan berdampak langsung ke pusat Florida pada akhir akhir pekan ini. Namun, hujan deras badai masih akan berdampak banyak di Georgia, menjangkau ratusan mil dari pusat badai.

Bahkan pada Kamis malam, kota Savannah di Georgia akan mulai merasakan dampak badai, demikian dilaporkan blog meteorologi Category 6 dalam laporan cuacanya.

“Pada ketinggian 10,0 kaki MLLW (di atas Rata-Rata Air Rendah), banjir pantai besar terjadi. HW-80 antara Savannah dan Pulau Tybee akan menjadi tidak bisa dilewati, mengisolasi Pulau Tybee,” kata blog itu.

“Banjir juga akan terjadi di Pulau Wilmington, komunitas Coffee Bluff, dan Pulau Burnside. Jalan juga menjadi tidak bisa dilewati di Pulau Ossabaw dan Pulau Sapelo termasuk Landing Rd dekat Meridian. Juga, HW-17 selatan Darien bisa membanjiri dan menjadi tidak bisa dilewati,” catat blog itu lagi seperti dikutip dari Sputnik, Jumat (30/8/2019).

Category 6 juga mencatat bahwa beberapa model komputer mengalami badai berbelok ke utara sebelum jatuh.

“Tidak akan mengejutkan melihat beberapa ‘wiper kaca depan’ utara-versus-selatan pada proyeksi pendaratan ini untuk satu atau dua hari lagi, sampai Dorian begerak menikung ke arah barat yang diharapkan dalam jalurnya. Sekarang adalah waktu yang sangat baik perlu diingat bahwa rata-rata kesalahan trek 5 hari selama lima tahun terakhir dari perkiraan NHC (National Hurricane Center) adalah sekitar 200 mil. Dengan pertimbangan ini, seluruh pantai Tenggara AS – terutama dari Florida Selatan ke Carolina Selatan – perlu untuk tetap mengikuti evolusi Dorian. Orang-orang di sepanjang Pantai Teluk utara juga harus sadar bahwa ada kemungkinan pendaratan Pantai Teluk dari Dorian minggu depan,” demikian peringatan yang dikeluarkan blog itu.

 

 

 

 

Sumber : sindonews.com
Gambar : Liputan6.com

 

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

 

BAGIKAN BERITA INI
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *