Trump dan Erdogan Sepakat Lanjutkan Koalisi Militer di Suriah

Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, dan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, sepakat melanjutkan kerja sama militer di Idlib, Suriah.

Kantor Kepresidenan Turki menyatakan kesepakatan itu dicapai kedua pemimpin saat berbincang melalui sambungan telepon pada Rabu (28/8) malam.

“Keduanya sepakat melanjutkan kerja sama untuk melindungi warga sipil di Idlib, di mana serangan rezim (Suriah) berlanjut dan untuk mencegah krisis kemanusiaan baru terjadi,” bunyi pernyataan kantor Erdogan.

Erdogan sebelumnya menyatakan bahwa situasi di Idlib telah membahayakan nyawa tentaranya dan berjanji akan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk melindungi para personelnya di Suriah.

Pasukan Presiden Bashar al-Assad dan sekutunya, Rusia, terus meluncurkan serangan darat dan udara di Idlib selama beberapa bulan terakhir.

Terletak di barat laut Suriah, Idlib merupakan daerah terakhir yang dikuasai oleh kelompok pemberontak. Wilayah itu berbatasan langsung dengan Turki.

Serangan di Idlib terus berlangsung meski sudah ada kesepakatan antara Rusia dan kelompok pemberontak yang didukung Turki pada tahun lalu. Turki juga telah mendirikan 12 pos pengamatan militer di Idlib berdasarkan kesepakatannya dengan Rusia.

Kelompok pemantau melaporkan pasukan Assad dan Rusia baru-baru ini meluncurkan serangan ke Idlib hingga menewaskan 16 warga sipil, termasuk enam anak-anak.

Menurut Syrian Observatory for Human Rights, koalisi Assad juga meluncurkan serangan udara ke sebuah pos militer Turki di Sheir Maghar.

Serangan itu terjadi setelah Turki bersumpah akan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk melindungi pasukannya di wilayah itu.

 

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

 

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *