Bikin Kaget AS, Menlu Iran Mendadak Kunjungi KTT G7 Tanpa Pemberitahuan

Menteri Luar Negeri Iran Javad Zarif melakukan kunjungan singkat tanpa pemberitahuan ke KTT G7 yang digelar di Paris pada hari Minggu (25/8). Zarif menghadiri pembicaraan sampingan di kota tepi laut Biarritz tempat para pemimpin dunia, termasuk Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, berkumpul.

Laporan menyebutkan bahwa delegasi AS terkejut dengan kunjungannya, pasalnya hubungan AS-Iran saat ini tengah tegang. Ketegangan bermula dari penarikan diri AS dari perjanjian nuklir Iran yang membuat negeri Persia tersebut kembali dijatuhi sanksi.

Perjanjian Nuklir Iran adalah perjanjian yang ditandatangani tahun 2015 yang berisi kesepakatan bahwa Iran tidak lagi diembargo dengan balasan negara tersebut dilarang untuk mengembangkan senjata nuklir. Perjanjian itu ditandatangani 6 negara yakni Inggris, Prancis, China, Rusia, Jerman, AS, serta satu organisasi internasional yakni Uni Eropa.

Zarif mengatakan ia melakukan pembicaraan konstruktif dengan mitra-mitranya, termasuk Presiden Prancis Emmanuel Macron.

“Jalan di depan akan sulit, tapi patut dicoba,” tulis Zarif dalam posting media sosialnya, dilansir dari laman BBC, Senin (26/8).

Prancis adalah salah satu dari 5 negara yang tidak menarik diri dari perjanjian dan tetap berkomitmen pada perjanjian tersebut. Macron sendiri tampak secara aktif berusaha untuk meredakan ketegangan Iran dengan negara-negara Barat. Meski begitu, Iran tetap mengembangkan nuklir mereka pasca penarikan diri AS sebagai respons atas pemberlakuan sanksi.

Pernyataan AS bahwa kunjungan Zarif dilakukan secara tiba-tiba bertentangan dengan keterangan dari Prancis yang menyatakan bahwa Zarif memang diundang dalam pertemuan tersebut.

Sebelumnya pada hari Minggu, Trump tampak menolak upaya mediasi Prancis.

“Kami akan melakukan penjangkauan kami sendiri, tetapi, Anda tahu, saya tidak bisa menghentikan orang untuk berbicara. Jika mereka ingin berbicara, mereka dapat berbicara,” kata Trump.

 

 

 

 

 

Sumber : akurat.co
Gambar : Citra Indonesia

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,T
witter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *