India Copot Status Istimewa Wilayah Sengketa Kashmir

Pemerintah India telah mencabut sebagian dari konstitusi yang memberikan status khusus Kashmir yang dikelola India. Pasal 370 sensitif karena menjamin otonomi yang signifikan bagi negara bagian yang dihuni mayoritas muslim. Langkah itu disertai dengan pemadaman telekomunikasi dan media yang dimulai pada Minggu (4/8) malam.

Bagi banyak warga Kashmir, Pasal 370 adalah pembenaran utama untuk menjadi bagian dari India dan dengan mencabutnya, BJP telah mengubah hubungan Delhi dengan wilayah tersebut.

Sementara itu parlemen India diperkirakan akan mengesahkan undang-undang yang membagi Kashmir yang dikelola India menjadi dua wilayah yang diperintah langsung oleh Delhi. Pencabutan status ini menyusul terjadinya kerusuhan di wilayah tersebut.

Keputusan India mendapat kecaman dari Pakistan dengan mengatakan akan menggunakan semua opsi yang mungkin untuk melawannya.

“India memainkan permainan berbahaya yang akan memiliki konsekuensi serius bagi perdamaian dan stabilitas regional,” kata Menteri Luar Negeri Pakistan Shah Mehmood Qureshi, dilansir dari laman BBC, Selasa (6/8).

Tetapi sumber pemerintah India mengatakan tidak ada implikasi eksternal karena Garis Kontrol, perbatasan de facto, dan batas-batas Kashmir belum diubah.

 

 

 

 

 

 

Sumber : akurat.co
Gambar : BBC

 

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *