19 Titik Lampu Merah Jakarta Belum Normal Usai Listrik Padam

Sejumlah lampu lalu lintas atau traffic light masih belum berfungsi pada Senin (5/8) pagi ini usai mati lampu akibat pemadaman listrik oleh PLN yang terjadi di wilayah Jawa-Bali, Minggu (4/8).

Kepala Subdirektorat Penegakan Hukum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya AKBP M. Nasir mengatakan setidaknya ada 19 lampu lalu lintas yang masih belum berfungsi.

“Tadi pagi pukul 6-7 pagi, masih 19 titik yang belum normal,” kata Nasir saat dikonfirmasi, Senin (5/8).

19 lampu lalu lintas yang belum berfungsi itu tersebar di sejumlah lokasi. Yakni di Jakarta Pusat ada tujuh titik, Jakarta Barat ada lima titik, Jakarta Selatan ada tiga titik, Jakarta Utara ada dua titik, dan Jakarta Timur ada dua titik.

Jumlah tersebut, menurut Nasir bisa bertambah maupun berkurang. Pasalnya, lanjut Nasir, sampai saat ini pasokan listrik masih belum stabil.

“Ini bisa bertambah dan bisa berkurang, listrik belum stabil,” ujarnya.

Untuk mengantisipasi kemacetan di sejumlah titik itu, dikatakan Nasir, Ditlantas Polda Metro telah menerjunkan 363 personel untuk membantu pengaturan arus lalu lintas.

Sebelumnya, pemadaman listrik terjadi di wilayah Jakarta akibat gangguan pada sisi transmisi Ungaran dan Pemalang 500 kV. Hal ini mengakibatkan transfer energi dari timur ke barat mengalami kegagalan.

Kegagalan transfer energi dari timur ke barat ini menyebabkan kegagalan (trip) di seluruh pembangkit di sisi tengah dan barat jawa. Gangguan ini juga mengakibatkan aliran listrik di Jabodetabek, sebagian Jawa Barat, dan Jawa Tengah mengalami listrik padam.

 

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : GridOto.com

 

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

 

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *