Protes Anti-Pemerintah Hong Kong Kembali Digelar dan Berujung Rusuh

Unjuk rasa anti-pemerintah di Hong Kong kembali berujung rusuh pada hari Minggu malam, ketika lusinan orang-orang bertopeng yang tidak dikenal menyerang para komuter yang kembali dari demonstrasi.

Di sebuah stasiun kereta api di distrik Yuen Long yang berada di perbatasan Hong Kong, puluhan pria –beberapa bertopeng– memukuli penumpang dengan tongkat kayu.

Dikutip dari The Guardian pada Senin (22/7/2019), sebagian penumpang kereta itu adalah mereka yang baru pulang dari aksi demonstrasi anti-pemerintah di Pulau Hong Kong.

Menurut beberapa saksi, alasan di balik serangan tersebut adalah karena banyak pengunjuk rasa yang pulang sebelum mendapat tanggapan dari pemerintah Hong Kong.

Foto-foto anggota parlemen pro-demokrasi Lam Cheuk-ting, salah satu yang diserang, memperlihatkan wajahnya berdarah. Seorang jurnalis wanita yang merekam serangan itu juga tampaknya telah dipukuli.

Lembaga penyiaran publik Hong Kong, RTHK melaporkan bahwa genangan darah tersisa di lobi stasiun.

Para pengunjuk rasa menyuarakan kemarahan atas tanggapan yang ditunda oleh pihak berwenang terhadap situasi di Yuen Long, dengan 10 polisi dikerahkan ke daerah itu setelah para penyerang pergi.

Pemerintah Hong Kong mengutuk kekerasan dalam sebuah pernyataan, membenarkan bahwa “beberapa orang” telah menyerang penumpang di peron stasiun dan di dalam kompartemen kereta.

“Itu menyebabkan konfrontasi dan cedera. (Pemerintah) mengutuk keras setiap kekerasan dan akan secara serius mengambil tindakan penegakan hukum,” kata perwakilan pemerintah Hong Kong dalam sebuah pernyataan resmi.

“Tindakan-tindakan keji dan kejam ini termasuk melemparkan bom bensin, membakar dan melemparkan batu bata … Ini benar-benar tidak dapat diterima di Hong Kong,” kata pernyataan itu.

Polisi kini masih menyelidiki insiden tersebut dan telah menangkap beberapa orang yang diduga terlibat dalam penyerangan terkait.

 

 

 

 

Sumber : liputan6.com
Gambar : Liputan6.com

 

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

 

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *