Pertamina Klaim Harga Avtur yang Dijualnya Paling Murah

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengklaim harga jual avtur yang dijual perusahaan migas pelat merah tersebut paling murah di kawasan Asia Tenggara.

Hal itu diungkapkannya saat menghadiri rapat kerja dengan Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) pada hari ini, Senin (15/7). Dalam rapat kerja tersebut, kembali mengemuka persoalan soal kontribusi avtur terhadap tingginya harga jual tiket pesawat.

Nicke mengungkapkan perusahaan mengumumkan harga jual avtur di sejumlah bandara setiap dua minggu sekali. Untuk Juni 2019, harga avtur perseroan di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng ditetapkan sebesar Rp9.275 per liter.

“Di Tokyo, harga avtur Rp16.248 per liter, Manila Rp13.540 per liter, Singapura Rp12.100, Hong Kong Rp11.253, dan Kuala Lumpur Rp10.565, Bangkok Rp10.000. Jadi, kalau dibandingkan secara regional, harga avtur di Cengkareng itu paling murah,” tutur Nicke.

Di tempat yang sama, Menteri ESDM Ignasius Jonan yang juga mantan Menteri Perhubungan menambahkan avtur berkontribusi sekitar 40 persen dari total biaya operasional pesawat, bukan biaya maskapai secara keseluruhan.

“Kalau dibandingkan dengan total biaya, mungkin kontribusi avtur hanya 30 persen, bergantung sewa pesawat dari mana dan kondisi keuangan maskapai,” imbuhnya.

Harga avtur Bandara Soekarno-Hatta sendiri, lanjut Jonan, mewakili separuh dari pergerakan penerbangan nasional.

“Di Soekarno-Hatta ada 1.000 – 1.100 pergerakan, nasional ada 2.000 hingga 2.500 pergerakan,” tandasnya.

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : Liputan6.com

 

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *