Kalahkan Chile 3-0, Peru Lawan Brasil di Final Copa America

Peru berhasil lolos ke final Copa America 2019 setelah mengalahkan Chile dengan skor 3-0 di Porto Alegre. Di babak final, Peru bakal berhadapan dengan Brasil.

Pada babak pertama, Peru berhasil tampil lebih baik dibandingkan Chile meskipun Chile lebih dominan dalam penguasaan bola, 65 persen berbanding 35 persen.

Peru sukses unggul 2-0 di 45 menit pertama lewat gol dari Edison Flores dan Yoshimar Yotun. Dua gol tersebut berawal dari assist Andre Carrillo di sisi kanan.

Gol pertama Peru dihasilkan oleh Edison Flores di menit ke-21. Carrillo mengirim umpan silang ke arah tiang jauh yang dilanjutkan oleh tendangan Flores.

Selang 17 menit dari gol pertama, Peru berhasil menggandakan keunggulan lewat Yoshimar Yotun. Pada proses gol kedua ini, Carrillo mampu melewati adangan kiper Chile, Gabriel Arias yang meninggalkan gawang dan lari ke arah Carrillo di sisi kiri pertahanan Chile.

Peru berhasil mencetak dua gol di babak pertama.Peru berhasil mencetak dua gol di babak pertama. (REUTERS/Henry Romero)
Carrillo lalu melepaskan umpan ke luar kotak penalti. Yotun mengontrol bola dengan baik dan langsung melepaskan tembakan yang menggetarkan gawang Chile.

Memasuki babak kedua, Chile mencoba memegang kendali permainan dan mengurung pertahanan Peru. Tetapi, ancaman serangan balik Peru membuat Chile tidak bisa tenang tiap kali melakukan serangan.

Pada menit ke-60, Peru melancarkan serangan balik mematikan lewat kommbinasi Jose Guerrero, Christian Cueva, dan Yoshimar Yotun. Serangan balik itu berujung pada Yotun yang berdiri bebas di muka gawang. Namun tendangan Yotun justru melambung di atas gawang.

Di menit ke-68, Jean Beausejour melepaskan tendangan spekulasi yang mengancam gawang peru. Tetapi, Pedro Gallese kembali tampil cemerlang dan menepis bola keluar.
Arturo Vidal dan kawan-kawan tak bisa mengejar ketinggalan di babak kedua.Arturo Vidal dan kawan-kawan tak bisa mengejar ketinggalan di babak kedua. (REUTERS/Ueslei Marcelino)
Tujuh menit berselang, Gallese kembali menggagalkan peluang Chile. Kali ini giliran tendangan Eduardo Vargas yang berhasil dibendung Gallese dalam duel satu lawan satu.

Peru lalu memastikan kemenangan di masa injury time lewat gol Paulo Guerrero. Guerrero lepas dari jebakan offside dan kemudian mengecoh kiper sebelum menceploskan bola ke gawang yang kosong.

Sebelum laga berakhir, Chile mendapatkan penalti. Namun tendangan penalti Vargas berhasil ditangkap dengan sempurna oleh Gallese.

Di babak final, Peru akan menghadapi Brasil. Sehari sebelumnya, Brasil memastikan lolos ke partai puncak dengan kemenangan 2-0 atas Argentina.

Susunan Pemain

Chile (4-3-3)

Gabriel Arias; Mauricio Isla, Gary Medel, Guillermo Maripan, Jean Beausejour; Charles Aranguiz, Erick Pulgar, Arturo Vidal; Jose Fuenzalida (Angelo Sagal 46), Eduardo Vargas, Alexis Sanchez

Peru (4-2-3-1)

Pedro Gallese; Luis Advincula, Carlos Zambrano, Luis Abram, Miguel Trauco; Renato Tapia, Yoshimar Yotun; Andre Carrillo (Andy Polo 71), Christian Cueva, Edison Flores (Christopher Gonzales; Jose Paolo Guerrero.

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : Tribunnews.com

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *