Lady Gaga Beri Kejutan di Perayaan 50 Tahun Insiden Stonewall

Lady Gaga membuat heboh pengunjung klub gay Stonewall di Manhattan, New York dengan mengunjungi tempat bersejarah dari momen Pride Month tersebut. Kunjungan ini dilakukan di tengah acara mengenang insiden Stonewall, 50 tahun lalu.

“Saya sungguh, sungguh berharap kalian merayakan setiap senti siapa diri kalian sekarang,” kata Gaga yang dikenal sebagai idola dan pembela komunitas LGBT itu di hadapan para pengunjung Stonewall Inn.

“You were born this way and you are superstars,” lanjut Gaga yang merujuk lagunya ‘Born This Way’ (2011), lagu yang dianggap sebagai salah satu ‘gay anthem’ pada era modern.

Insiden kerusuhan Stonewall In yang terjadi 50 tahun lalu merupakan awal mula perayaan Pride Month yang kini diselenggarakan di seluruh belahan dunia setiap Juni.

Lihat juga: Banjir Meme Kocak Usai Kaesang ‘Ngadu’ Tingkah Jokowi di G20

Pada 28 Juni 1969 dini hari, sekelompok aparat keamanan melakukan penggerebekan terhadap klub gay terkenal tersebut.

Sering menjadi sasaran penggerebekan tanpa alasan dan kental akan sentimen homofobia, kala itu pengunjung melawan sejumlah aparat yang bertugas.

Kericuhan tidak terhindarkan. Apalagi kala itu, Amerika Serikat masih kental dengan sentimen homofobia. Polisi dilaporkan menggunakan kekerasan dan hardikan homofobia yang menyulut emosi pengunjung.

Polisi yang hanya berjumlah beberapa orang kalah jumlah dengan pengunjung Stonewall yang mencapai ratusan orang. Para pengunjung kemudian berhasil mengusir polisi.

Namun pengusiran tersebut memancing pemanggilan pasukan yang lebih besar sehingga menimbulkan kerusuhan yang menjalar. Dalam kerusuhan tersebut, masyarakat LGBT membela hak mereka untuk hidup dan bermasyarakat seperti masyarakat pada umumnya.

Setelah kerusuhan mereda, insiden Stonewall tersebut kemudian menjadi pemantik aksi dan gerakan hak asasi manusia atas komunitas LGBT dan dirayakan setiap tahunnya dengan sebutan “Pride Month”.

“Saya melihat generasi yang lebih tua dan bagaimana kalian berjuang untuk menciptakan ruang yang aman dan lebih toleran terhadap generasi yang lebih muda,” kata Gaga dalam kunjungan dadakannya ke Stonewall Inn.

“Dulu, tidak pernah terdengar bahkan dari dinding lemari, atas kesadaran atas menemukan dan nama dari identitas seksual mereka, identitas gender diri mereka sendiri. Mereka menemukannya sendiri dan mereka tidaklah takut,” lanjutnya.

“Kalian menciptakannya! Kalian membuat ruang itu,” kata Gaga yang lahir dan besar di New York itu.

Dalam peringatan yang juga dikenal dengan Stonewall Day tersebut, Gaga juga mengingatkan kepada masyarakat muda LGBT akan tantangan mereka yang masih ada.

 

 

 

Sumber : .cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

 

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *