Trump Tak Akan Bertemu Kim Jong Un Saat KTT G20

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menuturkan, dia tidak akan bertemu dengan Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un di KTT G20.

“Saya akan bertemu dengan banyak orang. Namun, bukan dia,” kata Trump kepada awak media sebelum dia bertolak ke Osaka, Jepang, tempat KTT G20 digelar.

“Tetapi, mungkin saya bakal bercakap-cakap dengannya dalam bentuk yang lain,” lanjut Trump seperti diwartakan Reuters via Straits Times Kamis (27/6/2019).

Trump menyebut mempunyai hubungan yang istimewa dengan pemimpin yang berkuasa di negeri komunis itu sejak 2011. Bahkan, dia menyebut mereka “jatuh cinta”.

Menteri Unifikasi Korea Selatan (Korsel) Kim Yeon-chul mengatakan, Trump dan Kim berinteraksi dengan saling mengirim surat hingga 12 kali sejak tahun lalu. Namun dari jumlah tersebut, Kim Jong Un lebih rajin mengirim surat kepada Trump, hingga delapan surat. Sementara Trump baru empat kali mengirimkan surat.

“Saya kira kedua pemimpin itu menyadari pentingnya melanjutkan dialog di antara mereka, karena keduanya terus-menerus saling berkirim surat,” tambahnya. Terakhir kali, Trump mengirimkan surat kepada Kim Jong Un, pada Minggu (23/6/2019) lalu, yang oleh media Korea Utara, KCNA, digambarkan “sangat istimewa”.

Meski begitu, perundingan mereka buntu ketika terakhir bertemu pada akhir Februari di Hanoi, Vietnam, dalam pertemuan yang berlangsung selama dua hari.

Kemudian pada Rabu pagi (26/6/2019), Presiden Korsel Moon Jae-in menuturkan AS berunding dengan Korut terkait pertemuan ketiga antara Kim dan Trump.

 

 

 

 

Sumber : Kompas.com
Gambar : CNN.com

 

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

 

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *