Jakarnaval, Kawasan HI-Monas Ditutup 29 dan 30 Juni9

Rangkaian Perayaan HUT ke-492 DKI Jakarta masih berlangsung pada akhir Juni lewat Jakarnaval 2019. Kegiatan itu bakal terpusat kawasan Monas hingga Bundaran Hotel Indonesia.

Demi menjamin kelancaran dan keamanan acara tersebut, Pemprov DKI bakal menutup sejumlah ruas jalan, dan melakukan rekayasa lalu lintas di sekitar kawasan tersebut.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Sigit Wijatmoko dalam keterangan tertulisnya menyatakan penutupan dan rekayasa lalu lintas itu dilakukan pada 29-30 juni 2019.

Untuk 29 Juni, demi pelaksanaan gladi resik Jakarnaval, penutupan jalan dan rekayasa lalu lintas dilakukan pukul 15.00-18.00 WIB.

“Selanjutnya ada acara puncak dilaksanakan pada hari Minggu, tanggal 30 Juni 2019 mulai pukul 15.00 hingga 18.00 WIB,” tutur Sigit dalam keterangannya, Kamis (27/6).

Selain itu, untuk warga pengunjung Jakarnaval, Pemprov DKI menyediakan lokasi parkir kendaraan bermotor di empat tempat yakni Park and Ride Thamrin 10, IRTI Monas, Plaza Mandiri, dan Jalan Imam Bonjol.

Jalanan yang ditutup saat gladi resik pada 29 Juni pukul 15.00-18.00 WIB adalah ruas Jalan Medan Merdeka Selatan sisi selatan (dari Bundaran air mancur BI sampai dengan pertigaan Jalan Merdeka Selatan dengan Jalan Ridwan Rais).

Atas penutupan ini, Dinas Perhubungan melakukan rekayasa lalu lintas. Pertama, arus lalu lintas dari Jalan MI Ridwan Rais yang akan belok kiri menuju Jalan Merdeka Selatan diarahkan ke Jalan Merdeka Timur. Kedua, yang akan berputar balik menuju Jalan Medan Merdeka Selatan sisi selatan dialihkan ke Jl Merdeka Timur atau Ridwan Rais.

Kemudian penutupan jalan yang dilakukan pada hari-H Jakarnaval, 30 Juni, pukul 15.00-18.00 WIB adalah Jalan Merdeka Selatan sisi utara dan selatan. Kedua ruas jalan MH Thamrin sisi timur sampai dengan bundaran Hotel Indonesia. Ketiga, penutupan di ruas jalan Imam Bonjol (dari bundaran Hotel Indonesia sampai dengan simpang Jalan Agus Salim).

Atas penutupan tiga ruas jalan saat gelaran Jakarnaval itu, pada 30 Juni, Dishub DKI akan melakukan sejumlah pengalihan arus lalu lintas.

Pertama, arus lalu lintas dari Jalan Ridwan Rais yang akan belok kiri menuju Jalan Medan Merdeka Selatan diluruskan ke Jalan Medan Merdeka Timur.

Kedua, arus lalu lintas dari arah Medan Merdeka Barat yang akan menuju bundaran air mancur/Patung Kuda diarahkan agar berputar balik di depan Museum Nasional/Museum Gajah.

Ketiga, arus lalu lintas dari Jalan Imam Bonjol yang akan menuju Bundaran Hotel Indonesia dibelokkan ke Jalan Pamekasan.

“Keempat pengalihan dilakukan dari Jalan Wahid Hasyim sisi timur akan menuju Jalan MH Thamrin atau menuju Jalan Wahid Hasyim sisi timur, akan diberlakukan penutupan jalan secara situasional atau setelah iring-iringan kendaraan hias lewat maka jalan akan dibuka kembali,” jelas Sigit.

Kelima, rekayasa lalu lintas dilakukan dari Jalan Wahid Hasyim sisi timur yang akan menuju Jalan MH Thamrin atau menuju Jalan Wahid Hasyim sisi barat. Keenam, arus lalu lintas dari Jalan Kebon Sirih sisi barat yang akan menuju Jalan MH Thamrin atau menuju Jalan Kebon Sirih sisi timur.

Ketujuh, arus lalu lintas dari Jalan Kebon Sirih sisi timur yang akan menuju Jalan MH Thamrin menuju Jalan Kebon Sirih sisi barat dan terakhir arus lalu lintas dari Jalan Budi Kemuliaan yang akan menuju Jalan MH Thamrin.

“Semua dilakukan penutupan jalan secara situasional,” tutup Sigit.

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : Netralnews.com

 

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *