Harga Emas Naik Dekati Posisi Puncak dalam 6 Tahun

Harga emas dunia naik lebih dari 1 persen mendekati puncak posisi puncak dalam enam tahun dipicu melemahnya Dolar Amerika Serikat (AS). Penyebab lain, didorong langkah Presiden AS Donald Trump yang mengumumkan untuk menjatuhkan sanksi baru terhadap Iran.

Melansir laman Reuters, Selasa (25/6/2019), harga emas di pasar spot 1,2 persen lebih tinggi menjadi USD 1.415,16 per ounce, menuju sesi keuntungan kelima berturut-turut. Harga emas sempat menggapai USD 1.416,84 ke level tertinggi sejak akhir Agustus 2013.

Adapun harga emas berjangka AS naik 1,3 persen menjadi USD 1.418,20 per ons. “Emas memegang beberapa keuntungan dari sebelumnya didorong oleh merosotnya dolar dan meningkatnya permintaan safe haven di tengah langkah Presiden Trump yang mengancam akan memaksakan sanksi baru terhadap Iran,” kata Alex Turro, Ahli Strategi Pasar di RJO Berjangka.

“Trump memberlakukan sanksi baru AS terhadap Iran pada hari Senin setelah Teheran menjatuhkan pesawat tak berawak Amerika dan mengatakan tindakan akan menargetkan Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah AliKhamenei,” jelas dia.

Harga emas telah meningkat lebih dari 8 persen pada bulan ini, dan sekitar USD 75 per ons selama seminggu terakhir.

Dia menambahkan, harga emas juga mendapatkan beberapa dukungan mendasar dari Bank Sentral AS yang kemungkinan memangkas suku bunga.

Suku Bunga The Fed Turun

Hal yang mendorong daya tarik emas, dolar merosot, usai adanya penurunan mingguan terbesar sejak pertengahan Februari pada pekan lalu adalah taruhan jika Federal Reserve AS akan mulai menurunkan suku bunga lebih awal, di bulan depan.

The Fed dan Bank Sentral Eropa pekan lalu mengisyaratkan terbuka untuk melonggarkan kebijakan untuk melawan perlambatan ekonomi global, diperburuk ketegangan perdagangan AS-China.

Kali ini, mata investor akan tertuju pada pertemuan puncak di Jepang para pemimpin dari Kelompok 20 ekonomi dunia terkemuka. Presiden China Presiden Xi Jinping dan Trump diharapkan untuk bertemu di sela-sela pertemuan , yang bisa sangat penting dalam mendapatkan negosiasi kembali terkait langkah penyelesaian perang dagang.

Adapun kali ini, harga perak diperdagangkan naik 0,4 persen lebih tinggi menjadi USD 15,41 per ons dan platinum naik 0,7 persen menjadi USD 811,36. Harga palladium naik 2,6 persen menjadi USD 1,539,51 per ounce.

 

 

 

 

 

Sumber : liputan6.com
Gambar : sim mediakepri

 

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

 

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *