Sidang Lanjutan MK, Jalan Medan Merdeka Barat Tetap Dibuka

Jalan Medan Merdeka Barat tetap bisa diakui oleh kendaraan bermotor meski Mahkamah Konstitusi (MK) masih melanjutkan sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) 2019, Rabu (19/6). Kondisi ini berbeda dengan sidang kemarin ketika jalan Medan Merdeka Barat ditutup oleh separator dan pagar kawat berduri.

Pantauan CNNIndonesia.com, lalu lintas di Jalan Medan Merdeka Barat termasuk di depan gedung MK ramai seperti hari biasanya. Baik yang dari arah Patung Kuda menuju Harmoni maupun arah sebaliknya.

Pantauan di sekitar Medan Merdeka, tidak ada separator beton dan pagar kawat berduri yang melintang. Mobil, sepeda motor, dan Transjakarta bisa melintasi Jalan Medan Merdeka Barat.

Wakil Kepala Polres Jakarta Pusat AKBP Arie Ardian mengatakan bahwa Jalan Medan Merdeka Barat memang dibuka. Belum ada rencana jalan akan ditutup.

“Kan kita lihat perkembangan. Situasi memungkinkan. Ya, kita buka semuanya supaya kegiatan masyarakat berjalan normal ,” kata Arie di depan gedung MK, Jakarta, Rabu (19/6).

Arie mengamini bahwa sidang MK tetap harus dijaga. Sejumlah aparat kepolisian masih dikerahkan untuk berjaga-jaga. Dia mengatakan jalan kemungkinan bisa ditutup seperti kemarin bilamana ada massa dalam jumlah besar menggelar aksi.

Jalan Medan Merdeka yang akan ditutup yakni dari arah Patung Kuda menuju Harmoni jika ada massa yang menggelar aksi. Sementara arah sebaliknya akan tetap dibuka agar lalu lintas tetap berjalan normal.

“Arah sebaliknya enggak (ditutup). Pengawalan tetap ketat, tetap lakukan pengamanan ekstra untuk rangkaian kegiatan sidang MK,” kata Arie.

Seperti diketahui, pada Selasa (18/6), Jalan Medan Merdeka Barat ditutup sejak pagi. Baik dari arah Patung Kuda menuju Harmoni maupun sebaliknya.

Jalan ditutup oleh separator beton dan kawat berduri di kedua arah. Selain itu, mobil penyemprot air dan barracuda juga diparkir melintang di Jalan Medan Merdeka Barat tepatnya di dekat gedung MK.

Langkah itu diambil untuk menjaga situasi agar tetap kondusif selama MK menggelar sidang.

 

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : Grid.ID

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *