Hasil Copa America 2019: Chile 4-0 Jepang

Juara bertahan Chile meraih kemenangan 4-0 atas tim undangan Jepang dalam laga fase grup Copa America 2019 di Stadion Morumbi, Selasa (18/6) pagi waktu Indonesia barat.

Chile dan Jepang saling menjajal kemampuan mengorganisasi serangan pada menit-menit awal. Kedua kesebelasan silih berganti memberi ancaman.

Jepang yang berstatus sebagai tim undangan dalam laga antarnegara Amerika Selatan mampu tampil menyulitkan Chile yang merupakan juara Copa America 2015 dan 2016.

Skuat muda Tim Matahari Terbit tampil cukup percaya diri menghadapi kekuatan lawan yang diperkuat nama-nama tenar di kompetisi sepak bola Eropa seperti Alexis Sanchez dan Arturo Vidal.

Chile yang baru melepaskan tembakan pertama pada menit ke-14 perlahan mampu membuat kans berarti. Setelah gagal memaksimalkan peluang pada menit ke-28 dan ke-35, La Roja baru bisa membukukan gol pada menit ke-41. Sepak pojok Charles Aranguiz ditanduk Erick Pulgar dan tidak dapat diantisipasi Keisuke Osako.

Hasil Copa America 2019: Cile 4-0 JepangAlexis Sanchez menjadi salah satu pencetak gol Chile ke gawang Jepang. (REUTERS/Amanda Perobelli)
Pada menit ke-44 Jepang juga memiliki peluang emas, namun umpan terobosan Gaku Shibasaki tidak mampu dimanfaatkan Ayase Ueda yang berhadapan satu lawan satu dengan kiper Gabriel Arias.

Chile mengawali babak kedua dengan pendekatan ofensif dan tidak memberi ruang bagi Jepang untuk menguasai bola. Hasilnya pada menit ke-54 Eduardo Vargas membobol gawang Osako melalui tendangan yang sempat membentur kaki Takehiro Tomiyasu.

Setelah tertinggal dua gol, Jepang lantas merespons. Berselang tiga gol dari gol Vargas, Ueda kembali gagal menuntaskan peluang lantaran bola yang dilepaskannya melebar.

Takefusa Kubo, yang baru didatangkan Real Madrid, juga tidak mampu mengarahkan bola ke gawang Chile setelah menggocek lawan dan masuk ke kotak penalti. Ueda bahkan memiliki dua kesempatan lain dalam kurun waktu lima menit yang tidak mampu mengubah angka di papan skor.

Justru Chile yang mampu menambah keunggulan. Kemampuan Aranguiz dalam melindungi bola dan melepaskan umpan ke mulut gawang tidak disia-siakan Alexis Sanchez dengan sundulan pada menit ke-82.

Satu menit kemudian giliran Sanchez yang memberi assist kepada Vargas untuk mengubah skor menjadi 4-0 memanfaatkan Osako yang sudah meninggalkan posisi.

Kemenangan empat gol tanpa balas yang dibukukan Chile membuat persaingan Grup C menjadi sengit lantaran sebelumnya Uruguay juga menang dengan skor 4-0 atas Ekuador.

Susunan pemain inti Chile:
Gabriel Arias; Mauricio Isla, Gary Medel, Guillermo Maripan, Jean Beausejour; Charles Aranguiz, Erick Pulgar, Arturo Vidal; Jose Pedro Fuenzalida, Eduardo Vargas, Alexis Sanchez.

Susunan pemain inti Jepang:
Keisuke Osako; Takehiro Tomiyasu, Yuta Nakayama, Naomichi Ueda; Takefusa Kubo, Gaku Shibasaki, Teruki Hara, Daiki Sugioka; Daizen Maeda, Ayase Ueda, Shoya Nakajima.

 

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : Tribunnews.com

 

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *