Ditahan Imbang Brighton 1-1 Peluang Arsenal Masuk Empat Besar Tertutup

Ditahan imbang 1-1 oleh Brighton & Hove Albion peluang Arsenal masuk empat besar Liga Inggris nyaris tertutup. Hanya mujizat yang bisa membawa The Gunner ke zona Liga Chamipions musim depan.

Betapa tidak, di laga terakhir 12 Mei nanti Arsenal harus menang mininal 9-0 atas Burnley dengan catatan pada saat bersamaan Tottenhan Hotspur kalah dari Everton.

Soalnya hingga laga ke-37 yang sudah dilakoni Arsenal mengemas 67 poin berada di peringkat kelima berjarak tiga poin dari Hotspur yang berada di peringkat keempat.

Hotspur memiliki selisih gol yang lebih banyak dari Arsenal. Di mana dari 37 laga, Spurs telah mencetak 65 gol dan kebobolan 37 gol. Sedangkan Arsenal mencetak 70 gol namun kebobolan 50 gol atau keduanya berselisih delapan gol.

Yang sudah memastikan diri masuk empat besar adalah Chelsea karena sebelumya mampu menang 3-0 atas Watford dan kini memiliki 71 poin yang tentu tidak lagi terkejar Arsenal.

Arsenal masih memiliki peluang bermain di Liga Champions musim depan jika jadi juara Liga Europa. Seperti diketahui di laga leg pertama semifinal menang 3-1 atas Valencia. Jika lolos ke final masih akan menghadapi pemenang antara Chelsea dengan Frankfurt.

Menjamu Brighton & Hove Albion di Emirates, yang berakhir Senin (6/5/2019) dinihari, sebetulnya Arsenal menguasai penuh pertandingan. Statistik yang ada Tim Gudang Peluru ini mengusai bola hingga 72 persen dan memiliki peluang delapan kali dibanding Brighton yang hanya lima kali.

Awalnya Arsenal menjanjikan bakal menang mudah ketika mampu unggul pada menit kesembilan lewat gol penalti Aubameyang.

Wasit memberi hadiah penalti kepada tuan rumah karena Alireza Jahanbakhsh melanggar Nacho Monreal di kotak terlarang. Aubameyang yang jadi algojo sukses menjalankan tugasnya.

Namun setelah gol itu, tim tamu sulit ditembus karena pemain belakangnya membuat pertahanan berlapis.

Arsenal yang wajib menang terus menggempur pertahanan Brighton. Pada menit ke-39 Pierre-Emerick Aubameyang nyaris menambah gol ketika tembakan dari kaki kiri usai menerima umpan dari Mesut Ozil masih bisa diselamatkan pemain belakang tim tamu

Menit ke-45 giliran peluang Alexandre Lacazette yang gagal jadi gol. Menerima umpan dari Henrikh Mkhitaryan lalu striker asal Prancis itu melepaskan tembakan dengan kaki kanan namun masih bisa diblok kiper. Babak pertama berakhir dengan kedudukan 1-0.
Memasuki babak kedua Arsenal terus menggempur pertahanan Brighton. Alexandre Lacazette dan Aubameyang terus merepotkan pertahanan Brighton.

Namun menit ke-61 justru Brighton and Hove Albion yang mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1 lewat tendangan penalti Glenn Murray.

Arsenal dihukum wasit karena Granit Xhaka menjatuhkan Solly March di kotak penalti. Selain menunjuk titik putih wasit juga memberikan hadiah kartu kuning kepada Xhaka.

Glenn Murray yang jadi esekutor sukses menjalankan tugasnya. Tembakan dengan kaki kanan ke sudut kanan bawah tidak bisa dijangkau kiper Arsenal.
Tentu imbang 1-1 menyulitkan Arsenal. Mereka terus menggempur pertahanan Brighton di sisa waktu yang ada. Nyaris Brighton dipaksa bertahan di kotak penalti mereka.

Namun segala usaha yang dilakukan anak asuh Unai Emery itu sia-sia karena ketatnya pertahanan yang dilakukan pemain – pemain Brighton karena semua turun ke area pertahanan.

Hasil ini membuat Brighton memastikan diri lolos dari ancaman degradasi karena hingga laga ke-37 telah memiliki 36 poin yang tidak mungkin lagi bisa dikejar Cardiff yang berada di peringkat ke-18 batas zona degradasi.

 

 

 

 

 

Sumber : poskotanews.com
Gambar : Poskota News

 

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *