Parlemen Inggris Tolak Semua Rencana Alternatif Brexit

Anggota parlemen Inggris sekali lagi gagal menemukan jalan keluar dari kebuntuan Brexit. Parlemen Inggris menolak serangkaian rencana alternatif untuk kesepakatan penarikan Inggris dari Uni Eropa (UE) yang diajukan Perdana Menteri Theresa May.

Parlemen Inggris tidak menerima satu pun dari empat opsi pada pemungutan suara tidak mengikat, termasuk soal referendum kedua dan sisanya terkait dengan pasar tunggal UE.

Proposal referendum kedua atau konfirmasi memiliki dukungan paling besar di antara anggota parlemen, dengan 280 suara.

Tetapi ada juga suara lebih sedikit diberikan kepada semua opsi alternatif Brexit, dengan beberapa memilih abstain. Sebuah rencana untuk serikat pabean hanya mendapat tiga suara mayoritas.

Sekretaris Brexit Stephen Barclay mengingatkan parlemen bahwa posisi standar adalah Inggris tersingkir dari UE pada 12 April tanpa kesepakatan. Ia menambahkan bahwa kabinet akan memutuskan bagaimana untuk maju pada hari Selasa ketika mereka diharapkan untuk bertemu selama sesi lima jam.

Pemimpin Partai Buruh Jeremy Corbyn, kelompok oposisi, menyerukan putaran ketiga indikatif suara pada hari Rabu untuk memecahkan kebuntuan. Dia juga mengaku “kecewa” bahwa keempat opsi itu gagal.

Kebuntuan datang setelah kesepakatan May ditolak tiga kali oleh parlemen. Meski begitu, tak satu pun dari apa yang disebut suara indikatif Senin mendapat dukungan lebih dari Perjanjian Penarikan pemerintah lakukan pada hari Jumat.

May dapat mengembalikan kesepakatannya untuk keempat kalinya, mengadunya dengan dua alternatif yang mendapat dukungan paling besar dari anggota parlemen.

May berusaha untuk mengendalikan perpecahan antara kelompok garis keras euroskeptik di partainya, menyerukan untuk perceraian yang bersih dengan UE, dan anggota parlemen mendorong serikat pabean di tengah kekhawatiran konsekuensi ekonomi besar dari Brexit.

Anggota parlemen dari Partai Konservatif memberikan suara sangat besar terhadap keempat mosi, menunjukkan arah dukungan di antara mereka sedang bergeser ke arah kesepakatan May.

Anggota parlemen Inggris Nick Boles, pendukung proposal Common Market 2.0, mengumumkan pengunduran dirinya dari Partai Konservatif di parlemen beberapa saat setelah hasilnya terungkap, mengutip keengganan partai untuk bekerja menuju kompromi Brexit.

“Saya telah memberikan segalanya untuk upaya menemukan kompromi yang dapat membawa negara ini keluar dari Uni Eropa dengan tetap menjaga kekuatan ekonomi dan kohesi politik kita,” ujarnya.

“Saya menerima saya telah gagal. Saya telah gagal terutama karena partai saya menolak untuk berkompromi,” katanya lagi.

“Karena itu saya menyesal mengumumkan bahwa saya tidak bisa lagi duduk untuk partai ini,” tukasnya seperti dikutip dari CNN, Selasa (2/4/2019).

Ia kemudian mengumumkan di Twitter bahwa dia akan duduk sebagai Konservatif Progresif Independen.

 

 

 

 

Sumber : sindonews.com
Gambar : Media Indonesia

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *