Dolar AS Tekan Harga Emas Berjangka

Harga emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange turun lebih dari 1% pada Kamis, kembali di bawah level USD1.300 karena dolar menguat terutama.

Melansir Xinhua, Jumat (15/3/2019), kontrak emas paling aktif untuk pengiriman April turun USD14,20 atau 1,08% menjadi menetap di USD1.295,10 per ounce, sehari setelah logam sebelumnya melambung di atas USD1.300.

Indeks dolar AS, ukuran greenback terhadap sekeranjang mata uang utama lainnya, naik 0,31% menjadi 96,77 tepat sebelum penyelesaian emas.

Emas dan dolar biasanya bergerak ke arah yang berlawanan, yang berarti jika dolar naik, emas berjangka akan jatuh karena emas, dihargai dalam dolar, menjadi lebih mahal bagi investor yang memegang mata uang lain.

Pengambilan laba dari kenaikan baru-baru ini juga menyebabkan jatuhnya emas, kata analis. Sementara itu, investor tampaknya telah mengabaikan gejolak seputar proses Brexit, terutama setelah anggota parlemen Inggris pada hari Rabu memilih untuk menolak segala Brexit yang tidak ada kesepakatan.

Anggota parlemen Inggris sekarang mencari penundaan untuk Brexit hingga 30 Juni, tetapi setiap perpanjangan proses harus mendapatkan persetujuan dari Uni Eropa.

Adapun logam mulia lainnya, perak untuk pengiriman Mei turun 28,5 sen atau 1,84%, menjadi ditutup pada USD15,171 per ounce. Platinum untuk pengiriman April turun USD14,6 atau 1,73% menjadi USD827,10 per ounce.

 

 

 

 

Sumber : okezone.com
Gambar : Investasi Emas

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *