Harga Emas Berjangka Naik Imbas Ketidakpastian Brexit

Harga emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange naik karena dolar AS melemah. Ketidakpastian Brexit juga mendorong emas, aset safe haven, kata analis.

Kontrak emas paling aktif untuk pengiriman April naik USD7,00 atau 0,54% menjadi menetap di USD1.298,10 per ounce, dilansir dari Antaranews, Rabu (13/3/2019).

Indeks dolar AS, yang mengukur greenback terhadap enam mata uang utama, turun lebih dari 0,2% menjadi di bawah 97.

Emas dan dolar biasanya bergerak berlawanan arah. Ketika dolar turun, emas berjangka akan naik karena emas, dihargai dalam dolar, menjadi lebih murah bagi investor yang memegang mata uang lain.

Emas diselesaikan tepat sebelum parlemen Inggris menolak lagi kesepakatan Brexit dari Perdana Menteri Theresa May, dalam pemungutan suara kedua yang berarti sejak Januari. Meningkatnya ketidakpastian tentang bagaimana Inggris akan meninggalkan Uni Eropa mengirim emas jauh lebih tinggi dalam perdagangan elektronik berikutnya.

Adapun logam mulia lainnya, perak untuk pengiriman Mei naik 13,9 sen atau 0,91%, menjadi ditutup pada USD15,413 per ons. Platinum untuk pengiriman April naik USD15,1 atau 1,85% menjadi USD831,90 per ounce.

 

Sumber : economy.okezone.com
Gambar : ekbis.sindonews.com

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *