Permintaan Berkurang, Harga Minyak Terkoreksi Lagi

Harga minyak mentah pada perdagangan pagi hari ini (5/3/2019) masih berada di zona merah.

Hingga pukul 09:00 WIB, harga minyak jenis Brent kontrak Mei melemah 0,11% di posisi US$ 65,6/barel, setelah naik 0,92% kemarin (4/3/2019).

Sedangkan harga minyak jenis lightsweet (WTI) turun 0,23% ke level US$ 56,46/barel, setelah melesat 1,42% pada perdagangan kemarin.

Selama sepekan, harga minyak terkoreksi sekitar 1,2% secara point-to-point. Sedangkan sejak awal tahun, harganya sudah naik sekitar 23%.

Prediksi berkurangnya permintaan minyak pada tahun ini membuat pelaku pasar kembali cemas akan keseimbangan fundamental di pasar global. Hal ini dipelopori oleh tanda-tanda perlambatan ekonomi dunia yang semakin nyata.

“Pada tahun 2018, pertumbuhan permintaan [minyak] merupakan yang paling lambat sejak 2011,” tulis Merill Lynch dari Bank of Amerika dalam sebuah catatan (note).

Selain itu, meningkatnya efisiensi penggunaan bahan bakar minyak juga turut serta berperan mengurangi permintaan minyak.

Namun setidaknya, pergerakan OPEC dalam memangkas produksi minyak bisa memberi dorongan ke atas bagi harga minyak, sehingga tidak jatuh terlalu dalam.

 

 

 

 

Sumber : cnbcindonesia.com

Gambar : Republika

 

 

 

 

[social_warfare buttons”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

 

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *