Trump dan Xi Jinping Disebut Gelar Pertemuan Dagang 27 Maret

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Presiden Cina Xi Jinping akan menggelar pertemuan puncak perundingan  damai perang dagang pada 27 Maret mendatang. Dikutip dari Reuters, Senin (4/3), pertemuan tersebut kemungkinan besar akan membahas kemajuan perundingan damai perang dagang antar dua negara tersebut.

Meskipun berpotensi damai, sumber yang tahu persis dengan perundingan tersebut mengatakan hambatan perundingan dagang masih tetap ada. Walaupun di tingkat perundingan, pembahasan maju, tapi kemungkinan besar AS dan China masih akan mendapatkan hambatan dari internal mereka masing-masing.

Hambatan akan datang dari anggapan bahwa materi yang disetujui dalam perundingan justru menguntungkan pihak lain. AS dan China sejak pertengahan 2018 lalu terlibat konflik perang dagang.

Perang dilakukan dengan saling berbalas tarif atas impor barang.

Mulai awal 2019, Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping sepakat untuk menyelesaikan konflik tersebut melalui perundingan.

Perundingan rencananya berakhir pada 31 Maret kemarin. Tapi sampai dengan batas waktu berakhir, perundingan belum juga membuahkan hasil.

Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin mengatakan Amerika Serikat saat ini sedang berusaha menuntaskan perjanjian perdagangan dengan China.  Penuntasan dilakukan terhadap penyelesaian masalah struktural yang membuat hubungan dagang AS dengan China memanas.

Pekan lalu, Trump mengatakan AS bisa menjauh dari kesepakatan perdagangan dengan China, walaupun penasihat ekonominya menyatakan perundingan dagang sampai saat ini sudah menunjukkan perkembangan yang menggembirakan.

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com

Gambar : CNN.com

 

 

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *