Banjir Rendam 2.000 Rumah di California Utara

Luapan sungai di California Utara mengakibatkan banjir yang menggenangi sekitar 2.000 rumah dan pertokoan di sepanjang lembah yang terkenal dengan kebun anggurnya itu.

Ketinggian banjir mencapai atap rumah dan menenggelamkan sejumlah mobil saat luapan Sungai Russian kian parah. Otoritas di Sonoma County, utara San Francisco, segera memerintahkan evakuasi pada 3.600 orang.

Warga yang terdampak banjir menggunakan kayak dan perahu untuk aktivitas mereka. Itu artinya beberapa warga tidak mengungsi karena banjir tersebut.

“Anggota Garda Nasional dan penyelamat lokal menggunakan sejumlah helikopter, perahu dan kendaraan tinggi untuk mencapai 60 orang yang terjebak di rumah mereka dan membutuhkan bantuan,” ujar Barry Dugan, juru bicara pusat operasi darurat Sonoma County pada Reuters.

Guerneville yang dihuni lebih dari 4.500 orang menjadi kota terbesar yang berada di zona banjir. “Kota itu terisolir dari wilayah lain karena jalanan terendam air,” tweet Kantor Kepolisian Sonoma County.

“Saya sudah berada di sini 30 tahun. Saya tidak pernah melihat hujan sederas ini,” kata Brian Gipson, direktur marketing Hotel Farmhouse Inn dekat Guerneville yang mengevakuasi para tamu setelah banjir menggenangi tempat parkir hotel tersebut.

Perintah evakuasi diberikan pada puluhan wilayah yang berjarak puluhan mil dari sungai. Ketinggian air di Sungai Russian mencapai lebih dari 13,7 meter.

“Banjir ini merupakan yang terburuk sejak 1995, saat ketinggian air di Sungai Russian mencapai 14,6 meter,” ungkap meteorologis Carolina Walbrun dair Badan Cuaca Nasional.

Kantor Kepolisian Sonoma County menunjukkan video air sungai berwarna coklat yang menggenangi jalan dan rumah-rumah. “Banjir ini tak mengakibatkan korban tewas atau terluka,” ujar Dugan.

 

 

 

 

 

 

Sumber : sindonews.com
Gambar : detikNews

 

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *