Netanyahu Temui Putin ke Rusia, Bakal Bahas Isu Suriah dan Iran

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu akan melakukan kunjungan ke Moskow, Rusia, pada pertengahan pekan ini, Rabu (27/2). Netanyahu datang ke Moskow untuk bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Netanyahu mengatakan ada sejumlah isu yang akan dibahas dalam pertemuan dengan Putin. Isu Iran dan Suriah, sebut Netanyahu, akan menjadi pembahasan utama dalam pertemuan tersebut.

“Pada hari Rabu, saya akan bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow. Saya akan membahas perkembangan regional dan agresi Iran dengan dia,” kata Netanyahu, seperti dilaporkan Tass pada Senin (25/2).

“Kami juga akan membahas cara-cara untuk memperkuat mekanisme koordinasi yang dibuat oleh militer Israel dan Rusia untuk memastikan stabilitas dan mencegah ketegangan yang tidak perlu di kawasan itu,” imbuhnya.

Sementara itu, Kremlin belum mengungkap tanggal pasti pertemuan itu, dengan mengatakan pertemuan akan digelar pada pekan ini. Kremlin juga menyatakan Putin dan Netanyahu berencana membahas masalah-masalah bilateral yang mendesak dan situasi di Timur Tengah, termasuk masalah Palestina-Israel dan Suriah.

Netanyahu sendiri sejatinya dijadwalkan berkunjung ke Rusia pada Januari lalu. Namun, hanya beberapa hari jelang keberangkatannya ke Moskow, kantor Netanyahu mengumukan bahwa pertemuan itu ditunda, tanpa memberikan alasan.

Jika kunjungan ini terealisasi, ini akan menjadi kunjungan pertama Netanyahu ke Rusia setelah jatuhnya pesawat Ilyushin Il-20 Rusia di atas Laut Mediterania pada 17 September 2018. Menurut Kementerian Pertahanan Rusia, pesawat itu hilang dari radar setelah adanya serangan udara yang dilakukan empat pesawat F-16 Israel.

Kementerian itu menyatakan pesawat tersebut secara tidak sengaja jatuh akibat serangan pertahanan udara Suriah karena jet F-16 Israel menggunakan jet Rusia sebagai tameng.

 

 

Sumber : inews.id
Gambar : iNews

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *