Berpidato di DPR AS, Trump Umumkan Pertemuan Kedua dengan Jong-un

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengumumkan dalam pidato kenegaraannya bahwa ia akan mengadakan pertemuan puncak nuklir kedua dengan pemimpin Korea Utara (Korut) bulan ini. Trump mengatakan akan bertemu Kim Jong-un di Vietnam pada 27-28 Februari.Rencana pertemuan kedua ini telah dilakukan sejak pembicaraan bersejarah kedua pemimpin tahun lalu. Pertemuan Trump dan Kim Jong-un tahun lalu di Singapura adalah pertemuan pertama antara Presiden AS dan Pemimpin Korut.
“Para sandera kami telah pulang, pengujian nuklir telah berhenti, dan belum ada peluncuran rudal dalam 15 bulan,” ujar Trump.

“Jika saya tidak terpilih sebagai presiden Amerika Serikat, kami saat ini, menurut pendapat saya, akan berada dalam perang besar dengan Korea Utara,” imbuhnya.

“Masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan, tetapi hubungan Saya dengan Kim Jong-un amat bagus,” tukasnya seperti dikutip dari BBC, Rabu (6/2/2019).

Dalam kesempatan itu, Trump juga bersumpah sekali lagi untuk membangun tembok di perbatasan selatan.

Presiden asal Partai Republik itu juga menyerukan persatuan politik, beberapa jam setelah menggunakan istilah ofensif untuk menggambarkan pemimpin Demokrat dari Senat AS.

Pidato kenegaraan Trump ini diikuti penutupan pemerintah terpanjang dalam sejarah AS atas keamanan perbatasan. Trump memicu penutupan yang melumpuhkan badan-badan federal dengan menuntut dana untuk tembok perbatasan AS-Meksiko. Namun permintaan itu ditolak dengan tegas oleh Partai Demokrat.

 

 

 

 

 

Sumber : sindonews.com
Gambar :Kompas Internasional

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *