Kejar Pilpres, Politisi Senior Singapura Siap Bikin Partai Baru

Mantan politisi senior dari partai penguasa Singapura menyatakan ia akan membentuk partai politik baru menyusul pemilihan periode mendatang. Kembalinya Tan Cheng Bok ke dunia politik dinilai akan menguatkan oposisi, sementara itu Partai Aksi Rakyat (PAP) yang berkuasa tengah mempersiapkan diri untuk pensiunnya Perdana Menteri Lee Hsien Loong dalam tiga tahun ke depan.

PAP telah memerintah pusat keuangan global sejak kemerdekaan lebih dari setengah abad yang lalu, perolehan suaranya pun tidak pernah turun di bawah 60 persen, dan saat ini memegang semua kecuali 6 dari 89 kursi terpilih di parlemen.

Dahulu Tan merupakan anggota partai PAP selama lebih dari dua dekade hingga 2006, dan menjadi terkenal karena hampir mengalahkan kandidat yang didukung oleh Lee dalam pemilihan presiden 2011.

Tahun lalu Tan diundang oleh sekelompok partai untuk memimpin koalisi oposisi dalam pemilihan berikutnya. Kembalinya Tan ke politik telah diisyaratkan Lee sebelumnya. Lee merupakan putra dari Lee Kuan Yew mengatakan dirinya akan pensiun di usia 70 tahun, saat ini usianya menginjak 67 tahun.

“Saya telah memutuskan untuk kembali ke politik setelah lama absen,” kata Tan dalam posting Facebook, menambahkan dia telah mengajukan aplikasi untuk mendaftarkan partai baru yang disebut Partai Kemajuan Singapura, dilansir dari laman Bussiness Insider, Senin (21/1).

“Meskipun kami akan mendirikan partai baru, kami masih berharap untuk bekerja dengan yang lain di oposisi yang bersemangat menempatkan negara sebagai prioritas – sebelum partai atau diri sendiri,” lanjutnya.

 

 

 

 

 

 

Sumber : akurat.co
Gambar : Yahoo News Singapore

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *