Penggemar Hallyu di Dunia Hampir Tembus 90 Juta Orang

Jumlah penggemar gelombang dunia hiburan Korea atau biasa disebut hallyu di dunia, tercatat sudah mencapai hampir 90 juta orang per akhir tahun lalu. Data itu disampaikan oleh yayasan yang berafiliasi dengan pemerintah Korea, Kamis (10/1) ini.

Yayasan itu mencatat, ada 1.843 klub penggemar di 113 negara di dunia. Penggemar klub hallyu global totalnya adalah 89,19 juta. Angka itu naik sekitar 22 persen dari 2017.

Asia dan Oceania adalah negara basis paling banyak penggemar. Kontinen itu memiliki 457 klub penggemar yang secara total isinya 70,59 juta. Mengejutkan, penggemar Korea di Amerika Selatan dan Utara ternyata juga banyak, ada 11,8 juta orang dari 712 klub.

Itu dilanjutkan dengan Eropa serta Afrika dan Timur Tengah.

Di Eropa ada 534 klub penggemar yang isinya 6,57 juta orang. Sementara di Afrika dan Timur Tengah ada 140 klub penggemar yang berisi sekitar 230 ribu orang.

Naiknya jumlah penggemar itu didorong oleh fan dari penyanyi dan aktor Korea. Budaya, makanan bahkan klub taekwondo juga ikut terangkat karena dunia hiburan Korea.

Disebut-sebut, BTS yang kariernya sudah mengglobal berperan penting dalam peningkatan itu. Mereka bukan hanya menempati posisi pertama di 200 daftar album Billboard tahun lalu, tetapi juga menjadi grup KPop pertama yang meraih nominasi Grammy Awards.

Sepanjang 2016 sampai 2017, mengutip Yonhap, ada pertumbuhan penggemar hallyu sampai 14 juta orang. Dengan perhitungan itu, yayasan yang melakukan penelitian memprediksi bahwa penggemar hallyu bisa mencapai 100 juta orang pada 2020.

 

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : Teras Jabar

 

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *