Lima Pendiri PAN Soal Amien Rais Sudah Tak Punya Otoritas

Permintaan lima pendiri Partai Amanat Nasional (PAN) agar Amien Rais mundur dari partai berlambang matahari terbit itu dinilai hanya imbauan.

Pasalnya, Abdillah Toha, Albert Hasibuan, Goenawan Mohammad, Toeti Heraty dan Zumrotin tidak memiliki otoritas untuk memberhentikan Amien Rais.

“Permintaan lima pendiri PAN agar Amin Rais mundur itu hanya imbauan secara moral karena sesama pendiri partai, tapi mereka tak memiliki otoritas untuk memberhentikan Amin Rais,” kata Pengamat Politik IndoStrategi Arif Nurul Imam kepada SINDOnews, Kamis (27/12/2018).

Dia berpendapat, permintaan mundur kelima orang tersebut sesungguhnya lumrah saja karena mereka berseberangan dalam Pilpres dengan Amin Rais. Artinya, kata dia, permintaan tersebut bisa dibaca pertarungan mempengaruhi arah kemudi dukungan PAN dalam Pilpres.

“Namun karena kelima pendiri tersebut sudah tidak berada di struktur partai maka permintaan mundur ke Amin Rais merupakan pilihan politik paling mentok,” ucapnya.

Dia melanjutkan, secara otoritas permintaan kelima pendiri PAN tersebut sejatinya tidak ada, apalagi sudah mengundurkan diri.

“Sebagai ikhtiar politik tentu sah-sah saja, meski secara otoritas sebetulnya sudah tidak memiliki wewenang untuk memberhentikan siapa pun kader di PAN, termasuk Amin Rais. Karena di setiap parpol pasti ada mekanisme pemberhentian kader partai,” pungkasnya.

Diketahui, pernyataan lima orang pendiri PAN yang meminta Amin Rais mundur dari PAN tentu langsung menjadi perbincangan publik. Amin Rais yang kini duduk sebagai Ketua Dewan Kehormatan PAN selama ini dikenal kritis terhadap pemerintahan Joko Widodo (Jokowi).

Amien Rais juga merupakan salah satu pendiri PAN. Amien juga terlibat sebagai anggota Dewan Pembina Badan Pemenangan Nasional (BPN) pasangan calon presiden-wakil presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

 

 

 

 

 

Sumber : national.sindonews.com
Gambar : Tribun Manado – Tribunnews.com

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *